MENINGKATKAN LITERASI DINI ANAK MELALUI METODE BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI PAUD KENANGA DESA BANARAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH

Authors

  • Dwi Remawati Universitas Tiga Serangkai Surakarta
  • Sri Hariyati Fitriasih Universitas Tiga Serangkai Surakarta
  • Kumaratih Sandradewi Universitas Tiga Serangkai Surakarta
  • Tri Irawati Universitas Tiga Serangkai Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48201

Keywords:

Literasi Dini, Bermain Sambil Belajar, PAUD, Metode Partisipatif, Kreativitas Anak

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dini anak-anak melalui metode bermain sambil belajar di PAUD Kenanga, Desa Banaran. Literasi dini merupakan salah satu kemampuan penting yang harus ditanamkan sejak usia prasekolah, namun pelaksanaannya seringkali kurang menarik sehingga anak-anak mudah bosan. Oleh karena itu, tim pengabdian merancang serangkaian kegiatan edukatif berbasis permainan yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan usia anak. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan demonstratif, dengan langkah-langkah berupa observasi awal, koordinasi dengan guru, pelaksanaan permainan edukatif (mengenal huruf dengan kartu, berhitung dengan balok angka, bermain peran sederhana, membaca buku cerita bergambar, dan membentuk clay), serta evaluasi melalui pengamatan perkembangan anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak lebih aktif, antusias, dan berani berpartisipasi dalam aktivitas literasi. Guru-guru juga menyambut baik metode yang diterapkan dan berencana melanjutkannya secara rutin. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran alternatif yang menarik untuk meningkatkan literasi anak sejak usia dini.

References

Afnida, M., Sari, R. E., & Syafnita, T. (2022). Pendekatan Whole Languange: Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mutia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8586–8596.

Anugrahini, C., Fouk, M. F. W. A., & Sin, M. F. V. (2024). Sosialisasi Pentingnya Budaya Literasi Untuk Anak Usia Dini Melalui Bercerita Dongeng Di Desa Kabuna Haliwen Atambua Nusa Tenggara Timur. Jurnal Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1–8.

Bakhri, S., Dede, D., Rahmawati, E., & ... (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD melalui Pelatihan Teknologi Informasi di Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. NEAR: Jurnal …, 1(1). https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/631%0Ahttps://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/download/631/376

Fitriasih, S. H., Remawati, D., Retno, Y., Utami, W., & Irawati, T. (2023). Peningkatan Kapasitas Pengelola PAUD Kenanga Desa Banaran Kec. Grogol Kabupaten Sukoharjo. 3, 54–61.

Muhammad Hasbi. (2022). Pedoman Peran Desa Dalam Penyelegaraan PAUD. 51. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/Pedoman_Desa_FINAL.pdf

Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598

Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Teknologi pada Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996–2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843

Syafe, M., & Azzahra, M. (2023). Penerapan Kegiatan Literasi Anak Usia Dini. 07(02), 351–356.

Trihantoyo, S., Nursalim, M., & Roesminingsih, E. (2020). Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Muslimat Nahdlatul Ulama. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 229–239. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1460

Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Remawati, D., Fitriasih, S. H., Sandradewi, K., & Irawati, T. (2025). MENINGKATKAN LITERASI DINI ANAK MELALUI METODE BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI PAUD KENANGA DESA BANARAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5025–5030. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48201

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.