INTEGRASI CHATBOT UNTUK LAYANAN DAN PRODUK SENTRA KREASI

Authors

  • Elis Hernawati Universitas Telkom
  • RA Paramita Mayadewi Universitas Telkom
  • Tedi Gunawan Universitas Telkom
  • Heru Nugroho Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47628

Keywords:

UMKM, Efisiensi Operasional, Integrasi Chatbot

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk UMKM. Integrasi chatbot menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan layanan dan efisiensi operasional UMKM. Chatbot memungkinkan bisnis kecil mengotomatiskan komunikasi, mengurangi waktu tanggap, dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan kemampuan beroperasi 24/7. Memahami penerapan dan manfaat chatbot sangat penting bagi pelaku bisnis dan peneliti yang ingin mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di era modern. Chatbot akan menjadi alat penting dalam meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing UMKM di Kabupaten Bandung. Solusi pengabdian masyarakat yang ditawarkan oleh program ini mencakup analisis kebutuhan, implementasi chatbot yang sesuai dengan kebutuhan usaha, pelatihan bagi pelaku UMKM, dan evaluasi yang berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan bahwa program ini akan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan literasi digital dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bandung serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan UMKM.

References

Ananda R, Firdha Imamah, Yusuf Andre S, & Ardiansyah Dores. (2018). Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web Cms Untuk Customer Service Pada Ukm Minsu. Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober). https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/108

Budiningrum, E. W., Hartadi, A., Nugroho, N., Purwanta, P., & Fathoni, M. I. (2024). Program Pengenalan Artificial Intelligence Untuk Umkm Dengan Chatgbt Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, 3(1), 32. https://doi.org/10.56606/hikmayo.v3i1.165

Primasari D, Janaqi M. F, Kamilah N, & Hermawan E. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Chatbot Wabot Untuk Layanan Informasi Produk Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1017. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6968

Ramadhan, D. S., & Amin, F. (2023). Impelementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Melayani Informasi Produk Umkm Di Kab.Kendal. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1057–1061. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.7571

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hernawati, E., Mayadewi, R. P., Gunawan, T., & Nugroho, H. (2025). INTEGRASI CHATBOT UNTUK LAYANAN DAN PRODUK SENTRA KREASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4915–4919. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47628

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.