INTEGRASI CHATBOT UNTUK LAYANAN DAN PRODUK SENTRA KREASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47628Keywords:
UMKM, Efisiensi Operasional, Integrasi ChatbotAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk UMKM. Integrasi chatbot menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan layanan dan efisiensi operasional UMKM. Chatbot memungkinkan bisnis kecil mengotomatiskan komunikasi, mengurangi waktu tanggap, dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan kemampuan beroperasi 24/7. Memahami penerapan dan manfaat chatbot sangat penting bagi pelaku bisnis dan peneliti yang ingin mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di era modern. Chatbot akan menjadi alat penting dalam meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing UMKM di Kabupaten Bandung. Solusi pengabdian masyarakat yang ditawarkan oleh program ini mencakup analisis kebutuhan, implementasi chatbot yang sesuai dengan kebutuhan usaha, pelatihan bagi pelaku UMKM, dan evaluasi yang berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan bahwa program ini akan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan literasi digital dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bandung serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan UMKM.References
Ananda R, Firdha Imamah, Yusuf Andre S, & Ardiansyah Dores. (2018). Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web Cms Untuk Customer Service Pada Ukm Minsu. Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober). https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/108
Budiningrum, E. W., Hartadi, A., Nugroho, N., Purwanta, P., & Fathoni, M. I. (2024). Program Pengenalan Artificial Intelligence Untuk Umkm Dengan Chatgbt Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, 3(1), 32. https://doi.org/10.56606/hikmayo.v3i1.165
Primasari D, Janaqi M. F, Kamilah N, & Hermawan E. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Chatbot Wabot Untuk Layanan Informasi Produk Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1017. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6968
Ramadhan, D. S., & Amin, F. (2023). Impelementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Melayani Informasi Produk Umkm Di Kab.Kendal. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1057–1061. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.7571
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elis Hernawati, RA Paramita Mayadewi, Tedi Gunawan, Heru Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










