IMPLEMENTASI LAYANAN E-EVENT UNTUK LAYANAN PELATIHAN KHB

Authors

  • Agus Maolana Universitas Telkom
  • Retno Setyorini Universitas Telkom
  • Candra Wijayangka Universitas Telkom
  • M Yusuf Ramadhan4 Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47578

Keywords:

Sertifikasi Halal, Teknologi E-Event

Abstract

Keberadaan Komunitas Halal Indonesia (KHB) sangat penting dalam mendukung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) dalam sertifikasi halal dan pengembangan bisnis. Namun, administrasi pelatihan manual masih menimbulkan tantangan, ketidakefisienan, dan kurangnya keterlibatan bagi staf pelatihan. Untuk mengatasi hal ini, program pengabdian pada masyrakat ini mengusulkan penerapan layanan berbasis teknologi E-Event untuk meningkatkan efisiensi dalam manajemen pelatihan, pelatihan staf, dan distribusi digital. Program ini akan melibatkan pengembangan platform berbasis web yang memungkinkan pelatihan yang lebih sistematis, terintegrasi dengan manajemen E-event yang lebih baik, dan memungkinkan pelatihan bagi staf untuk menggunakan platform tersebut secara efektif. Teknologi ini memungkinkan KHB untuk menyediakan layanan yang lebih fleksibel, inklusif, dan memenuhi kebutuhan UMKM. Program ini juga mendukung digitalisasi UMKM, meningkatkan literasi digital dan kepuasan konsumen terhadap produk bersertifikat halal. Menerapkan teknologi ini bisa menjadi solusi berharga untuk meningkatkan efisiensi pelatihan dan aksesibilitas bagi komunitas halal di Indonesia.

References

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN MARKETPLACE PADA UMKM DALAM MASA COVID-19. DEDIKASI PKM, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765

Laksitowening, K. A., & Kusumo, D. S. (2024). PELATIHAN PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL DALAM PENJUALAN PRODUK UMKM MELALUI MARKETPLACE DAN WEBSITE. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3499

Meidiana Putri Alyssa, Etty Zuliawati Zed, Jasmine Nanda Shabirah, & Ayu Ainunisa. (2024). Pelatihan dan Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Cikarang Pusat. Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(4), 80–89. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i4.1419

Nur Anisa, L. (2023). URGENSI LITERASI SERTIFIKASI HALAL BAGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KABUPATEN NGAWI. Investama : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 91–100. https://doi.org/10.56997/investamajurnalekonomidanbisnis.v8i2.961

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Maolana, A., Setyorini, R., Wijayangka, C., & Ramadhan4, M. Y. (2025). IMPLEMENTASI LAYANAN E-EVENT UNTUK LAYANAN PELATIHAN KHB. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4909–4914. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47578

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.