PENDAMPINGAN PEMBUATAN PASPOR JAMA’AH UMRAH RT 15 MELALUI PT WAFDULLAH TAMU MULIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47405Keywords:
Haji, Umroh, Paspor, PendampinganAbstract
Haji dan umrah merupakan suatu kegiatan rohani yang di dalamnya terdapat pengorbanan, ungkapan rasa syukur, berbuat kebajikan dengan kerelaan hati, melaksanakan perintah Allah, serta mewujud-kan pertemuan besar dengan umat Islam lainnya di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pembuatan paspor jamaah umrah di RT 15 melalui PT Wafdullah Tamu Mulia cabang Bengkulu Kota Bengkulu sebagai upaya peningkatan kemudahan pemberangkatan jamaah umrah. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi kepada calon jamaah umrah, serta pihak terkait seperti Wafdullah Tamu Mulia Travel dan Kantor Imigrasi Kota Bengkulu. Tahapan pelaksanaan meliputi pendampingan administrasi, penyiapan dokumen persyaratan paspor, dan pengambilan paspor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan pembuatan paspor memudahkan jamaah untuk berangkat umrah dan memudahkan jamaah dalam mengurus pemberkasan. Karena paspor merupakan identitas resmi ketika bepergian ke luar negeri.References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.
Alta Pratama Riskianto, Rudy Ario Listiantoro, dkk. (2021). ”Pelayanan Keimigrasian dalam Tatanan New Normal dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 1 (2021) page. 203- 213
Bari, A., & Azis, A. (2021). Bimbingan Rohani dan Mental dalam Memotivasi Ketaatan Beribadah bagi Anggota Polri Kab. Pamekasan. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 1(1).
Endang, A. H., Pramita, A. J., Syahruddin, A. D., Syafaat, M., & Ismaya, I. (2022). Pengenalan Digital Dalam Membentuk Milenial Kreatif Untuk Menghadapi Era Society 5.0 Di Kabupaten Enrekang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 369–376. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1321
Gronroos, Christian. 1990. Service Management and Marketing: a Moment of Truth. Singapore: Maxwell Macmillan Internasional
Hanafi, M., Naily, N., Salahuddin, N., Riza, A. K., Zuhriyah, L. F., Muhtarom, M., Rakhmawati, R., Ritonga, I., Muhid, A., & Dahkelan, D. (2015). Community Based Research: panduan merancang dan melaksanakan penelitian bersama komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 25–37.
Hudria, E. (2022). Manajemen Pelayanan Masjid Bahteramas Kota Kendari. Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Dakwah, 1(2), 158–177. https://doi.org/10.31332/munazzam.v1i2.3582
Kallang, A., Sulaeman, S., Amri, M., Sugirma, S., Said, S. A., & Ridwan, M. (2022). Penguatan Aksara Al-Qur’an Di Majelis Taklim Kota Tobelo Halmahera Tengah Melalui Penggunaan Buku Qiro’Ah. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 336–347. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1805
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003, Tentang Pedoman Peyelenggaraan Pelayanan
Kurniawan, R. (2020). Implementasi Kebijakan Keamanan Aset Tanah Milik Pemerintah Kota Semarang Berdasarkan PP No 27 Tahun 2014. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 145. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1103
Maharani, Y., & Sari, R. (2021). Konsep Value For Money untuk Pengukuran Kinerja pada Kantor Imigrasi Pangkalpinang. Jurnal IAKP, 2(1), 97–103.
Manullang, M. dan Sragian L.D.1971. Ilmu Ekonomi I. Medan: Sinar harapan
Maulana, M. I., & Suyono, E. (2023). Pengaruh Litersi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Keberlanjutan Bisnis Pelaku Umkm Berbasis Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4256. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10856
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Nyoman, S., & Yasa, I. G. W. M. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Migrasi Masuk Terhadap Pertumbuhan Penduduk dan Alih Fungsi Bangunan Penduduk Asli Kota. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 10(1), 228335.
Rafiudin, A., & Aini, S. Q. (2022). Strategi Manajemen Sosialisasi Penyelenggaraan Haji. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/yonetim.v5i1.13077
Ramadhani, Farisa, Eva Hany Farida, S. AP., M. AP. "Implementasi Aplikasi Layanan Paspor Online Dikantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Surabaya Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik" (2020)
Ramadani, M. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2).
Riduan, Muhammad, Annisa Rahmadanita, Agung Nurrahman. (2023)."Inovasi Pelayanan Publik Dikantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Pada Aplikasi M-Paspor Dan Layanan Micin Darurat" Jurnal media birokasi, volume 2 no 2,113-132
Rina Pahlawati. (2015). ”Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru”. Jom FISIP Vol 2, No 2 (2015) page. 1-11
Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-UM,01.01-4166 Tahun 2017 tentang Implementasi Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor Secara Online (APAPO)
Wilonotomo & Bagas Hidayat Putra. (2018). ”Inovasi Teknologi Pada Pelayanan Keimigrasian Khususnya dalam Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Dengan Penerapan Sistem EPS ( Express Passport Servce )”. Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian Vol 1, No 2 (2018) page. 98-105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Wahyu Ningsih, Dyana Karlina, Fuji Sri Yulianti, Rendy Ade Barokah, Khairiah Elwardah, Khozin Zaki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










