PEMBELAJARAN KONSERVASI KONTEKSTUAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI MELALUI PRAKTIKUM PENGAMATAN BURUNG CENDERAWASIH DI KAMPUNG RHEPANG MUAIF KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Rosaniya E. Rehiara Universitas Cenderawasih
  • Edoward Krisson Raunsay Universitas Cenderawasih
  • Aldolf Z.D. Siahay Universitas Cenderawasih
  • Dolfina Costansah Koirewoa Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47029

Keywords:

Konservasi Kontekstual, Burung Cenderawasih, Pembelajaran Lapangan, Empati Ekologis, Pendidikan Biologi

Abstract

Kegiatan ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran konservasi kontekstual bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi melalui praktikum lapangan dalam pengamatan burung Cenderawasih di Kampung Rhepang Muaif, Kabupaten Jayapura. Pendekatan ini mengintegrasikan tridharma perguruan tinggi—pendidikan, penelitian, dan pengabdian—dalam satu kesatuan kegiatan berbasis ekosistem lokal. Mahasiswa terlibat langsung dalam pengamatan spesies, pencatatan data, dan interaksi dengan masyarakat adat yang memiliki kearifan ekologis lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam pengalaman lapangan memicu peningkatan signifikan dalam aspek kognitif, afektif, dan reflektif mahasiswa. Praktikum ini mendorong penguatan sikap dan empati konservasi melalui pengalaman langsung yang tidak dapat diperoleh di ruang kelas. Selain itu, integrasi nilai budaya lokal memperkaya pemahaman mahasiswa terhadap makna ekologis burung Cenderawasih sebagai simbol identitas dan keberlanjutan alam Papua. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran ekologis yang membentuk agen konservasi berwawasan lokal dan reflektif.

References

Aji, Ridwan et al. 2024. “Improving Children ’ S Environmental Literacy Through Experiential Learning.” 20(2):215–29.

Akello, S. et al. 2017. “Local Community Participation in Restoration of Watersheds in Uganda.” American Journal of Environmental Protection 5(2):25–32. doi: 10.12691/env-5-2-1.

Anindita, R., and P. Lestari. 2023. “Transformative Ecological Education Rooted in Local Wisdom.” Jurnal Konservasi Alam Dan Lingkungan 18(2):91–104.

Ardoin, Nicole M. et al. 2020. “Environmental Education Outcomes for Conservation: A Systematic Review.” Biological Conservation 241(July 2019):108224. doi: 10.1016/j.biocon.2019.108224.

Arnstein, S. .. 1969. “A Ladder of Citizen Participation.” Journal of the American Institute of Planners 35(4):216–24.

Birdsall, Sally, and Tim Kelly. 2022. “Conservation Education in Aotearoa-New Zealand: A Values Perspective.” Australian Journal of Environmental Education 38(2):178–91. doi: 10.1017/aee.2022.19.

Cartono, Cartono. 2022. “The Importance of Environmental Education in Biology Learning to Increase Students’ Environmental Awareness.” Jurnal Info Sains: Informatika Dan Sains 12(2):91–97.

Dewey, J. 1933. How We Think. D.C. Health.

Fitriani, E., and M. Yusuf. 2020. “Reflektif Learning in Biodiversity Education: From Observation to Environmental Action.” Biosaintifika 12(1):40–49.

Irawan, Yoga et al. 2025. “Pengaruh Ecoliteracy Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Pada Mahasiswa Terbesar Kedua Setelah China . Peningkatan Produksi Sampah Plastik Di Indonesia Mencapai 66- Untuk Menumbuhkan Pemahaman Akan Gerakan Lingkungan . Salah Satu Intervensi Yang Dapat.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 07(2):234–47.

Khusniati, Miranita. 2014. “Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi.” Indonesian Journal of Conservation 3(1):67–74.

Kolb, D. .. 1984. Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice‑Hall.

Lestari, S., and D. Ramadhan. 2020. “Community-Based Conservation Learning for Biology Students.” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 6(1):23–30.

Nugroho, A., and L. Fitriani. 2023. “Integrasi Nilai Budaya Dalam Program Konservasi Berbasis Masyarakat.” Jurnal Konservasi Alam Indonesia 19(2):98–110.

Pulotu, Challis et al. 2025. “Traditional Ecological Knowledge and Practices Associated with the Vanate (Raggiana Bird of Paradise, Paradisaea Raggiana) along the Kokoda Track in Central Province, Papua New Guinea.” Pacific Conservation Biology 31(1). doi: 10.1071/PC24067.

Putri, N. .. et al. 2021. “Student Engagement in Community-Based Environmental Education.” Jurnal Pendidikan Lingkungan 12(2):134–45.

Rahmawati, F. et al. 2020. “Integrating Indigenous Knowledge in Sustainability Education.” Journal of Environmental Studies 11(2):120–32.

Raunsay, Edoward Krisson et al. 2025. “Conservation Challenges of Birds of Paradise in Papua , Indonesia : A Systematic Literature Review.” Brazilian Journal Of Biology 85(e289477):1–10. doi: https://doi.org/10.1590/1519-6984.289477.

Sari, D. .., and A. Pramudita. 2021. “Contextual Conservation Strategies through Local Culture Integration.” Jurnal Konservasi Dan Sosial Ekologi 15(1):55–68.

Sari, R., and L. Handayani. 2020. “Local Knowledge Integration in Biodiversity Learning.” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 13(1):25–35.

Wahyuni, E., and J. Sitorus. 2021. “Reflektif Ekologis Mahasiswa Melalui Praktikum Lapangan Berbasis Konservasi.” Jurnal Pendidikan Dan Lingkungan 8(2):77–89.

Wahyuni, I., and A. Haris. 2022. “Reflektif Learning for Environmental Awareness.” Jurnal Pendidikan Dan Konservasi 15(1):66–78.

Wahyuni, Resma et al. 2023. “Peningkatan Kompetensi Dan Perilaku Hijau Mahasiswa Melalui Pembelajaran Green Pedagogy.” 06(01):3619–24.

Wobowo, A. et al. 2022. “Authentic Participation of Students in Ecological Field Projects.” Indonesia, Jurnal Pendidikan Ekologi 11(2):120–34.

Yuliani, D. et al. 2019. “Experiential Learning in Ecological Literacy.” Indonesian Journal of Biology Education 7(3):205–13.

Yuliani, D. et al. 2022. “Transformative Learning Dalam Pendidikan Ekologi Mahasiswa.” Biosaintifika 14(1):51–60.

Zebua, Nofamataro. 2025. “Environmental Conservation in Biology Learning : An Effort to Increase Students ’ Awareness of Environmental Issues.” International Journal of Advances in Educational Research 1(3):145–56.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Rehiara, R. E., Raunsay, E. K., Siahay, A. Z., & Koirewoa, D. C. (2025). PEMBELAJARAN KONSERVASI KONTEKSTUAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI MELALUI PRAKTIKUM PENGAMATAN BURUNG CENDERAWASIH DI KAMPUNG RHEPANG MUAIF KABUPATEN JAYAPURA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4450–4459. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47029

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.