KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN OBAT DI APOTEK TOMBORANG

Authors

  • Warda Warda Universitas Sulbar Manarang
  • Alfais Muhammad Universitas Sulbar Manarang
  • Wita Oileri Tikirik Universitas Wallacea

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47024

Keywords:

Kepuasan, Pelayanan, Obat, Apotek.

Abstract

Kepuasan pasien terhadap layanan obat di apotek merupakan salah satu refleksi dari kepuasan pasien terhadap layanan farmasi yang diberikan, baik layanan obat resep maupun non-resep. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap layanan obat di Apotek Tomborang, Kabupaten Mamuju, berdasarkan 5 dimensi, yaitu keandalan, responsivitas, jaminan, empati, dan tangible. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 354 responden yang dipilih dari populasi 5.000 pasien pada November 2024, menggunakan teknik sampling acak sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap layanan farmasi di Apotek Tomborang, berdasarkan 5 dimensi, masuk dalam kategori sangat puas dengan nilai persentase, yaitu dimensi keandalan sebesar 88,3%, dimensi responsivitas sebesar 86,78%, dimensi tangible sebesar 87,54%, dimensi jaminan sebesar 87,22%, dan dimensi empati sebesar 86,4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan menurut persepsi pasien menunjukkan bahwa sebagian besar pasien sangat puas dengan kinerja layanan farmasi di Apotek Tomborang. Penilaian ini didasarkan pada kinerja layanan yang diberikan kepada pasien yang sudah cukup baik. Disarankan untuk terus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan terus meningkatkan layanan agar pasien merasa lebih puas dengan layanan yang diberikan. Selain itu, kecepatan layanan juga perlu diperhatikan agar pasien tidak menunggu terlalu lama dalam layanan.

References

Agung Sriwijaya R, Azizah M, Aprilyani IP. Gambaran Pelayanan Kefarmasian Dan Waktu Tunggu Serta Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kimia Farma Sumpah Pemuda Dan Apotek Taka. J Ilm Bakti Farm. 2023;7(1):7-16.

Akhmad AD, Dirga, K SM, Adliani N, Sukrasno. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. J Farm Malahayati. 2019;2(kepuasan konsumen):86-98.

Anggriani A, Yusrini Djabir Y, Hakim N, Penerapan Pelayanan Informasi Obat di Beberapa Puskesmas Kota Makassar. Orig Artic MFF. 2022;26(3):111-113.

Asrorul Hidayat A, Hendrastuty N, Penulis Korespondensi N, Asrorul Hidayat Submited A. Penerapan Algoritma Apriori Pada Apotek Shaqeena Untuk Memprediksi Penjualan Berbasis Android. J Teknol Dan Sist Inf. 2023;4(3):302-312.

Brilian SC, Haris M. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Solusi. 2023;21(3):300.

Broto BE. Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Kimia Farma Rantauprapat. Ecobisma (Jurnal Ekon Bisnis Dan Manajemen).

Desianti KS, Majid TS, Virisy BA, Iskandar Y. Review Article: Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Pada Masa Pandemik Covid-19. J Farmaka. 2020;18(1):1-15.

Destiyani, Nisa NA, Zaila M.A T, Agus Santoso AP. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obatdi Apotek Kinan Farma Mojosongo Periode November-Desember Tahun 2021. Media Farm Indones. 2022;17(1).

Dianita PS, Latifah E. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. J Farm Sains dan Prakt. 2017;3(2):19-23.

Fipiana WI, Harminto, Lusia V. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Umum di Klinik Cipinang Jakarta dengan Metode Servqual. J Manaj FE-UB. 2021;9(2):102-111.

Ibnu Khayath Farisanu, Agus Budi Sadhono, Lili Indah Agustina. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Apotek Annisa Farma Tanah Grogot. J Manag Soc Sci. 2023;1(1):102-119.

Kemenkes, R. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan RI No.73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. In Peraturan. Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.73 Tahun 2016 (pp. 1–29).

Manurung T, Verawaty. Perancangan Sistem Informasi Persediaan (Stock) Obat Di Apotek Madya Menggunakan Microsoft Access. J Akad Farm Pray. 2021;6(2):19-28.

Masyithah N, Aminudin. Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Farmasi Di Apotek Selakau Farma. J Kefarmasian Akfarindo. 2021;6(2):28- 35.

Mayang Puspita Amara, Harsono Teguh, Achmad Daengs GS. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Rafa Farma 2 Surabaya. J Pengabdi Masy. 2024;3(1):92-111.

Mustika D, Fajarini H, Muldiyana T. Evaluasi Pelayanan Obat Non Resep Di Apotek Manjur Desa Petunjungan. J Ilm JOPHUS J Pharm UMUS. 2020;1(02):5-12.

Nabila P. Penggolongan Obat, Farmakodinamikaa dan Farmakokinetika, Indikasi dan Kontraindikasi Serta Efek Samping Obat. Acad Accel ing world’s Res. Published online 2020:4-5

Narendra MP, Skarayadi O, Duda M, Adirestuti P. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Kimia Farma Gatot Subroto Bandung. Kartika J Ilm Farm. 2017;5(1):31-37.

Nino Lady Ladika. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Apotek Y Kota Bukittinggi. J Pharma Saintika. 2023;6(2):19-31.

Nisa’ Z, Sugihantoro H, Syahrir A, Wijaya D. Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. J Islam Pharm. 2021;6(1):52-65.

Oktaviani I, Sumarlinda S. Penerapan Metode PIECES pada Analisis Sistem Informasi Manajemen Apotek. Infokes J Ilm Rekam Medis2021;11(1):54-58.

Prabowo WL. Teori Tentang Pengetahuan Peresepan Obat. J Med hutama.2021;02(04):402-406.

Puspitasari S, Widayanto W. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Go-Ride (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro). J Adm Bisnis. 2019;8(1):53-63.

Raden B, Sanjoyo D, Medis R, Universitas F, Mada G. Farmakologi, Obat Biomedik. BRaden,DSanjoyo. 2021;1(2):1-37.

Sarkawi D, Oktaviani A, Priadi A, Khansa T. Analisis Pelayanan Prima Atas Kepuasan Konsumen Pada Apotek K24 Bambu Apus Jakarta Timur. Petir. 2018;11(2):125-147.

Subiyantoro E, Ambarwati AN. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Oleh Rumah Sakit Dengan Metode ServQual, Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. J Unimus. Published online 2017:77-82.

Sulistya YA, Pramestutie HR, Sidharta B. Profil Kualitas Pelayanan Resep oleh Apoteker di Beberapa Apotek Kecamatan Klojen Kota Malang Overview of Perscriptions Service Quality by Pharmacist in Several Pharmacies at Klojen District of Malang. Pharm J Indones. 2017;3(1):1-9.

Suprasetya E, Nugroho H. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Sumber Sehat Yogyakarta Patient Satisfaction With Pharmaceutical Services In. 2020;11(November):33-37.

Titik Kristyaningsih NAS. Level Of Patient Satsfaction On Quality Of Pharmaceutical Titik Kristyaningsih , Noor Annisa Susanto Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang Apotek praktik merupakan oleh sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan kefarmasian Apoteker harus menerapkan. Published online 2022:1-13.

Tikirik & Hariyanto, 2022) Tikirik, W. O., & Hariyanto, H. (2022). Studi Pengamatan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Kefarmasian Unit Rawat Jalan RSUD Provinsi Sulawesi Barat. Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences, 15, 223–230.

Tikirik, W. O., Imbaruddin, A., & ... (2021). Kepuasan Pasien Tehadap Pelayanan Dokter dan Perawat Di Unit Rawat Inap RSUD Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12, 159–162.

Zakhiya Risma JAJE. Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Tegar Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Rebuplik Indonesia No . 73 tahun 2016. J Ilm Multidisiplin. 2023;2(4):1586-1597.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Warda, W., Muhammad, A., & Tikirik, W. O. (2025). KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN OBAT DI APOTEK TOMBORANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4704–4712. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.47024

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.