WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN: PENGUATAN MOTIVASI UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN UMKM DI DESA LEWOMADA, KECAMATAN TALIBURA, KABUPATEN SIKKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46850Keywords:
Motivasi; Pertumbuhan; UMKMAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan tim dosen sebagai upaya penerapan Ilmu Pengetahuan dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan motivasi berwirausaha dan dampaknya terhadap keberhasilan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Lewomada, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka. Pelaksanaan workshop kewirausahaan: motivasi terkait kewirausahaan menjadi penting, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Desa Lewomada menyikapi hal bahwa pelaku UMKM memiliki potensi besar dalam hal kewirausahaan, namun masih banyak pelaku UMKM yang belum sepenuhnya memahami cara mengembangkan usaha mereka. Peserta workshop kewirausahaan ini, berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: (1) Pemaparan Materi: Pemaparan tentang konsep dasar kewirausahaan, peluang pasar, serta tantangan yang dihadapi oleh pengusaha UMKM; (2) Diskusi Kelompok: Para peserta dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan usaha dan mencari solusi bersama. (3) Simulasi Bisnis: Mengadakan simulasi untuk memberikan gambaran nyata mengenai proses pengambilan keputusan dalam berbisnis. (4) Motivasi dan Inspirasi: Menampilkan contoh kisah sukses dari pelaku UMKM lokal dan nasional yang telah berhasil mengembangkan usaha mereka. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan dapat diambil kesimpulan antara lain: (1) Desa Lewomada Memiliki Potensi unggulan yang dapat dimanfaatkan; (2) Desa Lewomada memiliki Produk yang telah diproduksi oleh masyarakat; (3) Masyarakat Desa Lewomada, khususnya Kelompok UMKM terbantukan penguatan motivasi kewirausahaan.References
Baum, J. R., & Locke, E. A. (2004). The Relationship of Entrepreneurial Traits, Skill, and Motivation to Subsequent Venture Growth. Journal of Applied Psychology, 89(4), 587–598. https://doi.org/10.1037/0021-9010.89.4.587
Erlangga, H., Purwanti, Y., Setiawati, T., Hindarsah, I., & Riadi, F. (2024). The Role of Entrepreneur Characteristics and Entrepreneur Motivation has a significant effect on SMEs' Business Performance During Digital Era. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1.1). doi:https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.333
Priyono, Edi & Totok Susilo Pamuji Nugroho (2024). Pelatihan Menumbuhkan Minat Dan Jiwa Entrepreneurship Pada Kelompok Ibu Rumah Tangga Di Desa Ngringo Jaten Karanganyar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 5 (1.), 20-24, https://doi.org/10.36600/janaka.v5i1.370
Purnama, Husna, Maria Elina, Bustami Zainudin, Ahmad Hudalil, Syara Purnama Sari. (2024). Penyuluhan Motivasi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Fajar Baru, Lampung Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 5(1.). 76-82, http://dx.doi.org/10.24967/jams.v5i01.3250
Shane, Scott, Edwin A.Locke, Christopher J. Collins. (2003). Entrepreneurial motivation. Human Resource Management Review. 13(2), -257-279, https://doi.org/10.1016/S1053-4822(03)00017-2
Venesaar, Urve & Kolbre, Ene & Piliste, Toomas. (2006). Students’ Attitudes and Intentions toward Entrepreneurship at Tallinn University of Technology.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Silvana Mariabel Carcia, Paulus Juru, Imelda Virgula Wisang, Maria Goreti Mao Tokan, Viktor Eko Transilvanus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










