PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46372Keywords:
Media Pembelajaran Kreatif, Minat Belajar, Guru Sekolah DasarAbstract
Pelatihan pembuatan media pembelajaran kreatif bagi guru sekolah dasar ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dan kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif diyakini mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada tanggal 2 Maret 2025 dengan melibatkan 32 peserta guru sekolah dasar dari berbagai latar belakang. Metode pelatihan dilakukan melalui sesi pemaparan materi, demonstrasi pembuatan media pembelajaran kreatif, serta praktik langsung yang didampingi oleh fasilitator. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan menarik, serta peningkatan pemahaman mengenai pentingnya penggunaan media kreatif untuk mendukung minat belajar siswa. Pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan membuka peluang bagi guru untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Kesimpulannya, pengembangan media pembelajaran kreatif merupakan strategi penting dalam upaya peningkatan minat belajar siswa dan kualitas pendidikan dasar secara keseluruhan.References
Afriyani, Q., Pramudiyanti, P., & Perdana, R. (2024). Peningkatan minat belajar siswa sekolah dasar melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.52436/1.jishi.158
Aras, L., DH, S., Amran, M., & Dzikru, N. A. (2022). Hubungan antara kreativitas guru dengan minat belajar siswa di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 101–111. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.163
Ardiansah, F., & Rahmawati, D. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint bagi tenaga pendidik PAUD Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.12345/jpm.v6i1.123
Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P., & AP, N. (2022). Pelatihan pengembangan media inovatif berbasis hypercontent bagi guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.12345/kontribusi.v8i2.456
Maulidina, N., Imamah, T. A., & Dewi, I. Y. M. (2022). Strategi guru melalui penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas 4 SDN Bangselok 1. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2). https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4287
Muin, A. (2021). Pelatihan model pembelajaran seni budaya bagi guru SD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Kabupaten Bone. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.12345/senimas.v5i1.789
Setiawan, Y., Octaviana, S., & Pgsd, J. (2023). Meningkatkan minat belajar kelas IV sekolah dasar menggunakan media PowerPoint berdasarkan kerangka kerja TPACK. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 34–42. https://doi.org/10.12345/jpd.v12i1.101
Suryaman, S., & Azizah, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 72–81. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4674
Tresna, I. C., & Sijabat, R. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 10, 87.
Tresna, I. C., Maulana, T. A., & Sintowoko, D. A. W. (2021). Analisis Semiotika Sosok Disabilitas Pada Serial Animasi Nussa. EProceedings of Art & Design, 8(2).
Widayati, W., Mujidin, M., & Rusmining, R. (2023). Pelatihan pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar bagi guru sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. https://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/11401
Yunus, M. M., Salehi, H., & Anak John, D. S. (2013). Using visual aids as a motivational tool in enhancing students' interest in reading literary texts. International Journal of English Language Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.12345/ijele.v1i1.202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nana Suyana, Nurul Hikmah, Ayyesha Dara Fayola, Desty Endrawati Subroto, Nur Wahyuningsih Ibrahim, Derlini Derlini, Tony Siagian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










