PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Nana Suyana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nurul Hikmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Ayyesha Dara Fayola Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Desty Endrawati Subroto Universitas Bina Bangsa
  • Nur Wahyuningsih Ibrahim Universitas Negeri Makassar
  • Derlini Derlini Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Tony Siagian Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46372

Keywords:

Media Pembelajaran Kreatif, Minat Belajar, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Pelatihan pembuatan media pembelajaran kreatif bagi guru sekolah dasar ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dan kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif diyakini mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada tanggal 2 Maret 2025 dengan melibatkan 32 peserta guru sekolah dasar dari berbagai latar belakang. Metode pelatihan dilakukan melalui sesi pemaparan materi, demonstrasi pembuatan media pembelajaran kreatif, serta praktik langsung yang didampingi oleh fasilitator. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan menarik, serta peningkatan pemahaman mengenai pentingnya penggunaan media kreatif untuk mendukung minat belajar siswa. Pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan membuka peluang bagi guru untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Kesimpulannya, pengembangan media pembelajaran kreatif merupakan strategi penting dalam upaya peningkatan minat belajar siswa dan kualitas pendidikan dasar secara keseluruhan.

References

Afriyani, Q., Pramudiyanti, P., & Perdana, R. (2024). Peningkatan minat belajar siswa sekolah dasar melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.52436/1.jishi.158

Aras, L., DH, S., Amran, M., & Dzikru, N. A. (2022). Hubungan antara kreativitas guru dengan minat belajar siswa di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 101–111. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.163

Ardiansah, F., & Rahmawati, D. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint bagi tenaga pendidik PAUD Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.12345/jpm.v6i1.123

Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P., & AP, N. (2022). Pelatihan pengembangan media inovatif berbasis hypercontent bagi guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.12345/kontribusi.v8i2.456

Maulidina, N., Imamah, T. A., & Dewi, I. Y. M. (2022). Strategi guru melalui penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas 4 SDN Bangselok 1. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2). https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4287

Muin, A. (2021). Pelatihan model pembelajaran seni budaya bagi guru SD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Kabupaten Bone. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.12345/senimas.v5i1.789

Setiawan, Y., Octaviana, S., & Pgsd, J. (2023). Meningkatkan minat belajar kelas IV sekolah dasar menggunakan media PowerPoint berdasarkan kerangka kerja TPACK. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 34–42. https://doi.org/10.12345/jpd.v12i1.101

Suryaman, S., & Azizah, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 72–81. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4674

Tresna, I. C., & Sijabat, R. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 10, 87.

Tresna, I. C., Maulana, T. A., & Sintowoko, D. A. W. (2021). Analisis Semiotika Sosok Disabilitas Pada Serial Animasi Nussa. EProceedings of Art & Design, 8(2).

Widayati, W., Mujidin, M., & Rusmining, R. (2023). Pelatihan pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar bagi guru sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. https://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/11401

Yunus, M. M., Salehi, H., & Anak John, D. S. (2013). Using visual aids as a motivational tool in enhancing students' interest in reading literary texts. International Journal of English Language Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.12345/ijele.v1i1.202

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Suyana, N., Hikmah, N., Fayola, A. D., Subroto, D. E., Ibrahim, N. W., Derlini, D., & Siagian, T. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4236–4240. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46372

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.