PENGUATAN PROFESIONALISME GURU DI WILAYAH PERBATASAN: PELATIHAN PENGGUNAAN BOOK CREATOR DI ENTIKONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.46224Keywords:
pelatihan guru, kompetensi digital, media ajar interaktif, Book Creator, wilayah perbatasanAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di wilayah perbatasan Entikong melalui pelatihan penggunaan aplikasi Book Creator sebagai media ajar digital interaktif. Pelatihan dilatarbelakangi oleh keterbatasan infrastruktur dan akses pelatihan teknologi yang masih menjadi tantangan bagi guru di daerah 3T. Metode pelatihan mengintegrasikan ceramah interaktif, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan intensif berbasis pendekatan IPTEKS. Sebanyak 32 guru berpartisipasi aktif dalam pelatihan ini, menghasilkan produk berupa media ajar digital (flip book) yang kontekstual dan aplikatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan keterampilan teknis dan pedagogis peserta, dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 76%. Selain itu, pelatihan ini juga membangun kesadaran guru tentang pentingnya pengembangan profesional yang berkelanjutan dan integrasi nilai-nilai lokal dalam pembelajaran digital. Temuan ini menegaskan urgensi pelatihan kontekstual berbasis praktik sebagai strategi pemberdayaan guru di wilayah perbatasan.References
Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas (SMA) Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257–1266. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545
Bakri, R. (2021). Pengembangan Modul Digital Interaktif dalam Pembelajaran Statistika Terapan menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 75–85.
Bamrungsin, P., & Khampirat, B. (2022). Improving Professional Skills of Pre-Service Teachers Using Online Training: Applying Work-Integrated Learning Approaches through a Quasi-Experimental Study. Sustainability (Switzerland), 14(7). https://doi.org/10.3390/su14074362
Barella, Y., Rustiyarso, R., Bahari, Y., Zakso, A., Supriyadi, S., & Al Hidayah, R. (2021). Sosialisasi pemanfaatan e-book creator berbasis internet pada guru SMA Negeri 2 Sambas. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 488–497. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.3181
Basantes-Andrade, A., Casillas-Martín, S., Cabezas-González, M., Naranjo-Toro, M., & Guerra-Reyes, F. (2022). Standards of Teacher Digital Competence in Higher Education: A Systematic Literature Review. Sustainability (Switzerland), 14(21). https://doi.org/10.3390/su142113983
Budiharto, S., Wardani, S. F., Imanulyaqin, M. N., Wahyuni, F. S., & Fitriana, D. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBANTU CHAT GPT DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH DI MAN 1 PONTIANAK. Digulis Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 17–24. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26418/djpkm.v2i4.88943
Chalimi, I. R. (2024). Problematika Pembelajaran Bermuatan Materi Sejarah Lokal di SMAN 6 dan SMAN 8 Kota Pontianak. Jurnal Kependidikan, 13(2), 2091–2102. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.432
Dahri, N. A., Al-Rahmi, W. M., Almogren, A. S., Yahaya, N., Vighio, M. S., & Al-Maatuok, Q. (2023). Mobile-Based Training and Certification Framework for Teachers’ Professional Development. Sustainability (Switzerland), 15(7), 5–7. https://doi.org/10.3390/su15075839
Gutiérrez-Martín, A., Pinedo-González, R., & Gil-Puente, C. (2022). ICT and Media competencies of teachers. Convergence towards an integrated MIL-ICT model | Competencias TIC y mediáticas del profesorado. Convergencia hacia un modelo integrado AMI-TIC. Comunicar, 70(30), 21–33. https://doi.org/https://doi.org/10.3916/C70-2022-02
Imanulyaqin, M. N. (2024). Efforts to Counter Radicalism in Sukabumi Regency High Schools. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 15(2), 630–639. https://doi.org/10.26418/j-psh.v15i2/48930
Imran, I., Ramadhan, I., Prancisca, S., Zatalini, A., & Astari, Z. (2024). INCREASE TEACHER CREATIVITY AND COMPETENCE WITH INTERACTIVE LEARNING MEDIA THROUGH THE WORDWALL APPLICATION AT SD NEGERI 1 SEGEDONG. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 421–426. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/abdidos.v8i1.2295
Junaidi, E. W., & Rochmat, S. (2020). Character Education in Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. https://doi.org/10.4108/eai.4-8-2020.2302539
Oner, D. (2020). A virtual internship for developing technological pedagogical content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 36(2), 27–42. https://doi.org/10.14742/ajet.5192
Uzorka, A., Namara, S., & Olaniyan, A. O. (2023). Modern technology adoption and professional development of lecturers. Education and Information Technologies, 28(11), 14693–14719. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11790-w
Wahyuni, F. S., & Sucianingsih. (2024). The Role of Kuttab in Indonesia as an Agent of Religious Values Socialization from a Structural Functional Perspective Peran Kuttab di Indonesia sebagai Agen Nilai-nilai Agama Sosialisasi dari Perspektif Fungsional Struktural. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 15(2), 526–535. https://doi.org/10.26418/j-psh.v15i2.84994
Wohlfart, O., & Wagner, I. (2022). Teachers’ role in digitalizing education: an umbrella review. Educational Technology Research and Development, 71(2), 339–365. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10166-0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imran Imran, Thomy Sastra Atmaja, Yusawinur Barella, Ika Rahmatika Chalimi, Sutoyo Budiharto, Muhammad Nur Imanulyaqin, Eko Wahyu Junaidi, Fauziah Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










