POTENSI PASAR DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK INDUSTRI KAIN TRADISIONAL DI INSTAGRAM

Authors

  • Ni Kadek Junita Dewi Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Tjok Istri Ratna Cora Sudharsana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • A.A. Ngurah Anom Mayun K. Tenaya Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.46160

Keywords:

Kain Tradisional, Instagram, Pemasaran Digital, Budaya Lokal, Sustainable Fashion, UMKM

Abstract

Kain tradisional Indonesia tidak hanya merepresentasikan identitas budaya lokal, tetapi juga memiliki potensi ekonomi yang besar dalam industri kreatif dan fashion berkelanjutan. Namun, pelaku usaha, khususnya dari kalangan UMKM, masih menghadapi berbagai tantangan dalam memasarkan produk secara luas dan efektif di era digital. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui potensi pasar dan merumuskan strategi pemasaran berbasis data bagi industri kain tradisional melalui platform Instagram. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap pelaku usaha dan konsumen, serta observasi terhadap akun-akun Instagram yang menjual kain tradisional. Hasil kajian menunjukkan bahwa Instagram sebagai media sosial berbasis visual sangat relevan dalam menampilkan estetika dan nilai budaya kain tradisional, serta efektif menjangkau konsumen muda. Namun, efektivitas pemanfaatannya masih terhambat oleh rendahnya pemahaman pelaku usaha terhadap strategi digital yang terstruktur dan berorientasi pada prinsip keberlanjutan. Oleh karena itu, dibutuhkan integrasi antara nilai budaya lokal, strategi pemasaran digital, dan prinsip sustainable fashion untuk meningkatkan daya saing serta pelestarian kain tradisional di pasar global. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan pemasaran produk budaya berbasis media sosial secara strategis dan berkelanjutan.

References

Ashari, N. A., & Patria, A. S. (2021). Perancangan Konten Visual Instagram Tenun Ikat “Paradila” Lamongan. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 6(2), 237-258.

Febrian, W. D., Sani, I., Sari, O. H., & Abdullah, M. A. F. (2025). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI ERA 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 2813-2818.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Makarim, S. A., & Dewi, L. S. (2024). Ragam UMKM: menelusuri jenis usaha di Indonesia. Takaza Innovatix Labs.

Riswanto, A., Zafar, T. S., Sunijati, E., Harto, B., Boari, Y., Astaman, P., ... & Hikmah, A. N. (2023). EKONOMI KREATIF: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Septiansyah, D. (2024). PENGARUH KONTEN INSTAGRAM@ byU. ID DAN STRATEGI POTONGAN HARGA byU TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KARTU byU (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG).

Silaban, H., Lubis, P. K. D., Siregar, A. N., & Syaputra, I. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Galeri Ulos Sianipar. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(4), 739-748.

Srisadono, W. (2018). Strategi perusahaan e-commerce membangun brand community di media sosial dalam meningkatkan omset penjualan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 167-179.

Tuten, T., Solomon, M., & Ladik, D. (2015). The teaching of social media marketing. In Marketing Dynamism & Sustainability: Things change, things stay the same… proceedings of the 2012 academy of marketing science (AMS) annual conference (pp. 475-475). Springer International Publishing.

Wahidin, D. (2019). Transformasi Industri Kreatif Batik Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Kerajinan Kain Batik (Studi di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 25(3), 348-372.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Wongso, F., & Indrawan, I. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Dewi, N. K. J., Sudharsana, T. I. R. C., & Tenaya, A. N. A. M. K. (2025). POTENSI PASAR DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK INDUSTRI KAIN TRADISIONAL DI INSTAGRAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5241–5249. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.46160

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.