PELATIHAN PENGENALAN SASTRA ANAK BERKARAKTER MELALUI ETHNO ASSESMENT BERBANTUAN WORLDWALL PADA GURU SD

Authors

  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus
  • Much. Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus
  • Isnaini Khalimatus Sa’diyah Universitas Muria Kudus
  • Nabila Fakhrin Nihayati Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45854

Keywords:

Pelatihan; Sastra anak; Karakter; Ethno-Assesment, Wordwall

Abstract

Masalah utama yang dihadapi oleh guru di SD 2 Megawon yaitu kurangnya pengetahuan mengenai sastra anak, minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, dan keterbatasan alat assessment yang interaktif. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengenalan dan pengajaran sastra anak yang berkarakter di SD 2 Megawon melalui metode Ethno-Assessment berbantuan platform Worldwall. Pelaksanaan program melalui tahapan metode pelaksanaan berikut, yaitu perencanaan, pelaksanaan, follow up, evaluasi dan simulasi. Hasil dari pelatihan pengenalan sastra anak berkarakter melalui Ethno-Assessment berbantuan Wordwall di SD 2 Megawon memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengenalkan dan mengajarkan sastra anak. Guru menjadi lebih terampil dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat assesment yang interaktif, yang berkontribusi pada meningkatnya keterlibatan siswa serta pemahaman siswa terhadap sastra anak. Evaluasi pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun alat assessment berbasis digital, yang mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Berdasarkan hasil, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran sastra anak tetapi juga membantu guru dalam mengadaptasi teknologi pendidikan secara lebih optimal.

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Amaliah, N. (2023). Implementasi Pendekatan Berbasi Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTsN Miftahus Sudur Campor Proppo. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 129–147.

Ghufron, S., Nafiah, N., Kasiyun, S., Rulyansah, A., & Susanto, R. U. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Soal Bahasa Indonesia dengan Aplikasi Wordwall bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.47679/ib.2024657

Kurniawati, T. T., & Tresnawati, N. (2025). Implementasi Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar Implementation of Wordwall Application on Motivation to Learn Mathematics Grade 1 in Elementary. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 7(1), 27–40.

Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.574

Silaban, P. J., Gurning, P., Situmorang, D. G. B., Gultom, J., & Sitompul, A. A. (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI SARANA MENCIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Jurnal AMPOEN: Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat, 2(1), 431–435.

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Pembelajaran Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Sistiana, D. (2018). Sasta Anak Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 65–81.

Solihati, N., Hikmat, A., & Anita, R. E. (2021). Pelatihan penguatan karakter melalui sastra anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi Guru di SDN Gandasari 02 Kabupaten Bekasi Nani. Abdimasmu, 2(1), 34–41.

Sutisna, U. (2020). Pengambangan Kompetensi Profesional Guru PAI melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 9–14.

Syihabuddin, S., Damaianti, V. S., Apriliyani, N. Y. A., & Istianingrum, R. (2018). Perencanaan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Apresiasi Sastra Anak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 22. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2205

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Kironoratri, L., Fardani, M. A., Sa’diyah, I. K., & Nihayati, N. F. (2025). PELATIHAN PENGENALAN SASTRA ANAK BERKARAKTER MELALUI ETHNO ASSESMENT BERBANTUAN WORLDWALL PADA GURU SD. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4210–4217. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45854

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.