IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENGGARAPAN VIDEO DAN FOTO PRODUK DALAM UPAYA PENERAPAN SOSIAL MEDIA MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45742Keywords:
Social Media Marketing, MSMEs, Product PhotosAbstract
Perkembangan teknologi yang juga mempengaruhi perkembangan dunia ekonomi dan bisnis, istilah era industri 5.0 sudah tidak asing lagi, dimana teknologi membantu manusia dalam hal bisnis. Melanjutkan pengabdian sebelumnya terhadap Komunitas UMKM Mangunharjo mengenai pendampingan legalitas usaha dan pelatihan digital marketing yang diterapkan kepada seluruh Komunitas UMKM Mangunharjo sebanyak 8 orang, tim pengabdian hendak melanjutkan pengabdian tersebut. Dari hasil pengabdian sebelumnya, dalam hal pemasaran terutama pemasaran secara digital, UMKM masih merasa kurang mampu untuk membuat tampilan pemasaran yang menarik karena keterbatasan pengetahuan termasuk pengetahuan penggunaan teknologi. Masih banyak UMKM yang menginginkan pelatihan untuk dilanjutkan namun lebih terfokus dari permasalahan UMKM dan pengalaman pengabdian masyarakat sebelumnya, tim pengabdian masyarakat akan melakukan pendampingan dan penerapan teknologi pembuatan foto dan vidio pemasaran kepada 8 anggota Komunitas UMKM Mangunharjo. Pengabdian akan dilakukan kepada 8 anggota UMKM saja, agar terjadi seperti pengabdian sebelumnya sehingga ilmu disampaikan dan praktek yang dilakukan dapat terserap dengan baik oleh UMKM dengan harapan kedepannya UMKM mampu secara mandiri membuat foto dan vidio pemasaran.References
A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak. (2009). Methods for Theaching Metode- Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diansyah, R., Syahril, Aryanto, Arribe, E., & Winarso, D. (2017). PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI.
Djukisana, F. (2014) ‘Implementasi Kebijakan Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Manado’, Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 2(3), p. 1217.
Hamzah B. Uno. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Intermedia, Beon. 2022. Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Foto. https://www.jagoanhosting.com/blog/foto-produk/
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2019. Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Indonesia Menyongsongnya.
Kuncie. 2023. Foto Produk: Jenis, Tips, Panduan untuk Pemula, Serta Contohnya. https://www.kuncie.com/posts/tips-foto-produk
Ririsaci 2014. Apa Itu Jasa Video Produk? [Pengertian & Manfaat].
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Wahyu, C. et al. 2021. Pengembangan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah Di Dusun Sawohan Sidoarjo, 01(02), pp. 1–7.
Zakawali, Gifari. 2022. Siap Memasuki Era Industri 5.0? Intip Peluang Bisnisnya!
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novitasari Eviyanti, Destine Fajar Wiedayanti, Nanang Adie Setyawan, Mona Inayah Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










