IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENGGARAPAN VIDEO DAN FOTO PRODUK DALAM UPAYA PENERAPAN SOSIAL MEDIA MARKETING

Authors

  • Novitasari Eviyanti Politeknik Negeri Semarang
  • Destine Fajar Wiedayanti Politeknik Negeri Semarang
  • Nanang Adie Setyawan Politeknik Negeri Semarang
  • Mona Inayah Pratiwi Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45742

Keywords:

Social Media Marketing, MSMEs, Product Photos

Abstract

Perkembangan teknologi yang juga mempengaruhi perkembangan dunia ekonomi dan bisnis, istilah era industri 5.0 sudah tidak asing lagi, dimana teknologi membantu manusia dalam hal bisnis. Melanjutkan pengabdian sebelumnya terhadap Komunitas UMKM Mangunharjo mengenai pendampingan legalitas usaha dan pelatihan digital marketing yang diterapkan kepada seluruh Komunitas UMKM Mangunharjo sebanyak 8 orang, tim pengabdian hendak melanjutkan pengabdian tersebut. Dari hasil pengabdian sebelumnya, dalam hal pemasaran terutama pemasaran secara digital, UMKM masih merasa kurang mampu untuk membuat tampilan pemasaran yang menarik karena keterbatasan pengetahuan termasuk pengetahuan penggunaan teknologi. Masih banyak UMKM yang menginginkan pelatihan untuk dilanjutkan namun lebih terfokus dari permasalahan UMKM dan pengalaman pengabdian masyarakat sebelumnya, tim pengabdian masyarakat akan  melakukan pendampingan dan penerapan teknologi pembuatan foto dan vidio pemasaran kepada 8 anggota Komunitas UMKM Mangunharjo. Pengabdian akan dilakukan kepada 8 anggota UMKM saja, agar terjadi seperti pengabdian sebelumnya sehingga ilmu disampaikan dan praktek yang dilakukan dapat terserap dengan baik oleh UMKM dengan harapan kedepannya UMKM mampu secara mandiri membuat foto dan vidio pemasaran.

References

A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak. (2009). Methods for Theaching Metode- Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diansyah, R., Syahril, Aryanto, Arribe, E., & Winarso, D. (2017). PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI.

Djukisana, F. (2014) ‘Implementasi Kebijakan Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Manado’, Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 2(3), p. 1217.

Hamzah B. Uno. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Intermedia, Beon. 2022. Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Foto. https://www.jagoanhosting.com/blog/foto-produk/

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2019. Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Indonesia Menyongsongnya.

Kuncie. 2023. Foto Produk: Jenis, Tips, Panduan untuk Pemula, Serta Contohnya. https://www.kuncie.com/posts/tips-foto-produk

Ririsaci 2014. Apa Itu Jasa Video Produk? [Pengertian & Manfaat].

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Wahyu, C. et al. 2021. Pengembangan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah Di Dusun Sawohan Sidoarjo, 01(02), pp. 1–7.

Zakawali, Gifari. 2022. Siap Memasuki Era Industri 5.0? Intip Peluang Bisnisnya!

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Eviyanti, N., Wiedayanti, D. F., Setyawan, N. A., & Pratiwi, M. I. (2025). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENGGARAPAN VIDEO DAN FOTO PRODUK DALAM UPAYA PENERAPAN SOSIAL MEDIA MARKETING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4514–4519. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45742

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.