KOLABORASI STRATEGIS ANTARA INSTITUSI PENDIDIKAN DAN KOMUNITAS LOKAL DALAM PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44506Keywords:
Kolaborasi Strategis, Pendidikan Nonformal, Kearifan Lokal, Pemberdayaan Masyarakat, Institusi Pendidikan, Komunitas LokalAbstract
Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memperkaya literatur dalam konteks pengabdian kepada masyarakat, khususnya mengenai kolaborasi strategis antara institusi pendidikan dan komunitas lokal dalam pengelolaan program pendidikan nonformal berbasis kearifan lokal. Penelusuran data dilakukan melalui platform Google Scholar dan berbagai situs akademik kredibel lainnya dalam rentang waktu 2006 hingga 2025. Dari 50 artikel yang ditemukan, sebanyak 29 artikel dipilih melalui proses seleksi ketat berdasarkan relevansi dan kualitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang dibangun secara partisipatif, kontekstual, dan berbasis aset lokal dapat meningkatkan efektivitas program pendidikan nonformal dalam memberdayakan masyarakat. Integrasi nilai-nilai lokal seperti bahasa, seni, kearifan tradisional, dan praktik ekonomi berbasis komunitas terbukti memperkuat rasa memiliki, partisipasi aktif, serta keberlanjutan program. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya perubahan paradigma institusi pendidikan dari aktor dominan menjadi mitra setara dalam proses pemberdayaan. Temuan ini memberikan kontribusi prioritas terhadap pengembangan pendekatan pengabdian masyarakat yang lebih adil secara epistemik, sensitif terhadap konteks budaya, dan berkelanjutan.References
Abo-Khalil, A. G. (2024). Integrating sustainability into higher education challenges and opportunities for universities worldwide. Heliyon, 10(9), e29946. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29946
Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: Konsep, Target dan Strategi Implementasi. Unpad Press.
Anindya, D. C., & Eka, A. W. (2024). Tim PPK Ormawa UNY Adakan Kelas Penyuluhan Artha Wiyata untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Desa. Www.Uny.Ac.Id.
Annis, N., & Intan, A. (2024). PPK Ormawa UKMF Penelitian Reality FIPP UNY Memantik Desa Kotesan Menjadi Desa Geliat Adiwangsa Sadar Literasi Keuangan. Www.Uny.Ac.Id.
Bowen, F., Newenham-Kahindi, A., & Herremans, I. (2010). When Suits Meet Roots: The Antecedents and Consequences of Community Engagement Strategy. Journal of Business Ethics, 95(2), 297–318. https://doi.org/10.1007/s10551-009-0360-1
Bulelengkab, A. (2023). GAF 2023, Ajang Pelestarian Budaya dan Penggalian Potensi Yowana. Bulelengkab.Go.Id.
Cahyono, H., Ningsih, D., Rotama, A., & Badrudin. (2024). Strategi Integrasi Pendidikan Berkelanjutan dalam Kurikulum. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 5(1), 72–81.
Diana, & Hakim, L. (2020). Strategi Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah : Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan dan Kreatifitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1–14.
Fran Baum, Colin MacDougall, & Danielle Smith. (2006). Participatory action research. Journal of Epidemiology & Community Health, 60(10), 854–857. https://doi.org/10.1136/jech.2004.028662
Hermawan, R., Sunarya, A., Roekminiati, S., & Pramono, S. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Perempuan Dalam Pengelolaan Ikan di Pesisir Paciran Lamongan. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 6(2), 163–188. https://doi.org/10.37849/mici.v6i2.416
Hoshizora. (2024). 4 Strategi Kolaborasi Pendidikan yang Efektif. Hoshizora.Org.
Islahuddin, Buntu Marannu Eppang, Muhammad Arfin Muhammad Salim, Darmayasa, & Anwari Masatip. (2022). Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi (1st ed.). Politeknik Pariwisata Makassar.
Maclure, L. (2023). Augmentations to the asset-based community development model to target power systems. Community Development, 54(1), 4–17. https://doi.org/10.1080/15575330.2021.2021964
Maryance, R. T. (2021). Teori dan Aplikasi Manajemen Pendidikan (1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Noor, M., Falih Suaedi, & Antun Mardiyanta. (2022). COLLABORATIVE GOVERNANCE Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktik (1st ed.). BILDUNG.
Prasetya. (2024). SYMINIC, Inovasi Pertanian Cerdas oleh Agrisolute Indonesia untuk Masa Depan Berkelanjutan. Prasetya.Ub.Ac.Id.
Putra, W., Yusuf, M., & Hadijaya, Y. (2025). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Multikultural. Alacrity : Journal Of Education, 5(1), 257–275.
Rozal, A. (2023). Peran Ganda Perempuan Nelayan: Studi Kasus Perempuan Buruh Pengolahan Ikan (Ngorek dan Ngetap) di Kelurahan Brondong Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Russell, M. G., & Smorodinskaya, N. V. (2018). Leveraging complexity for ecosystemic innovation. Technological Forecasting and Social Change, 136, 114–131. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.11.024
Rustyawati, D., & Siswoyo. (2023). Pengembangan Kewirausahaan Berkelanjutan dalam Pendidikan: Pendekatan Berdasarkan Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. JIB: Jurnal Perbankan Syariah, 3(2), 61–75.
Sari, N. M. (2025). Arti Kearifan Lokal: Memahami Nilai-Nilai Budaya Tradisional Indonesia. Www.Liputan6.Com.
Shobirin, R. (2024). Fakultas Pertanian UB Jalankan Inkubasi Bisnis Lumbung Stroberi Melalui Digitalisasi Marketing. Timesindonesia.Co.Id.
Udiyasa, K. (2023). Triple Helix Collaboration in Village Innovation Programs: Promoting Knowledge-Based Economy in Poka Village, Ambon City. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 16(1), 32–49.
Umam. (2025). Kearifan Lokal: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Hingga Jenisnya. Www.Gramedia.Com.
Unesa. (2025). Sinergi Pendidikan Non-Formal dan Kearifan Lokal dalam Membangun Masyarakat Berkelanjutan. Pls.Fip.Unesa.Ac.Id.
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka? PUSAKA: Journal of Educational Review , 1(1), 34–48.
Wicaksono, K. S. (2024). Pemanfaatan Limbah Organik Blotong dan Jerami Padi, KKN FP UB Laksanakan Pemberdayaan Petani Desa Ngasem Melalui Pelatihan Pembuatan Kompos. Ircmedmind.Ub.Ac.Id.
Yulita, A. N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Lamongan Untuk Mengolah Ikan Menjadi Produk Unggulan. Vokasi.Unair.Ac.Id.
Yuniningsih, & Suhartini, D. (2018). Pemberdayaan Perempuan Nelayan melalui Pelatihan Pengolahan Hasil Ikan menjadi Krupuk Bernilai Ekonomis di Desa Gisikcemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/engagement.v2i1.23
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herlina Herlina, Chairunnisa Chairunnisa, Purwani Puji Utami, Masrum Masrum, Ahmad Durul Napis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










