PENDAMPINGAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM WARUNG OLIS

Authors

  • Muhammad Rafhael Lazuardy Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maulana Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mohammad Faishal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elis Mediawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44281

Keywords:

Pendampingan, UMKM, Pencatatan Keuangan, Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Di zaman perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan usaha. Kendala utama yang sering kali dialami adalah dalam bidang pencatatan keuangan dan pemasaran secara digital. Tidak sedikit UMKM yang belum paham sepenuhnya mengenai pentingnya pencatatan keuangan dan pemasaran melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah UMKM Warung Olis yang masih melakukan pencatatan keuangan secara manual dan belum memanfaatkan sepenuhnya media sosial untuk melakukan pemasaran secara optimal. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu UMKM Warung Olis dalam meningkatkan efisiensi pencatatan keuangan dan mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Metode pendampingan dilakukan melalui observasi awal, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ruang lingkup pembahasan berisi mengenai pemahaman penggunaan aplikasi OlisApp dan pembuatan konten promosi di Instagram. Hasil dari kegiatan pendampingan memberikan dampak yang positif bagi Warung Olis dalam meningkatkan pemahaman akuntansi terutama dengan hadirnya aplikasi OlisApp dan mengetahui cara membuat konten promosi di Instagram yang efektif untuk menarik pelanggan dari mana pun melalui media sosial. Proyek ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara tim pelajar dan UMKM dapat menghasilkan manfaat timbal balik antara kedua belah pihak, serta berkontribusi terhadap penguatan kapasitas UMKM secara berkelanjutan

References

Achadiyah Nur Bety. (2019). OTOMATISASI PENCATATAN AKUNTANSI PADA UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 188. https://doi.org/10.18202/jamal.2019.04.10011

Mediawati Elis, M Zaki Hernanda M., Ulya Ade, & HIdayat Rahmat. (2024). PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM DOELOER COFFEE. Communnity Development Journal, 5(4), 6930–6937. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30054

Mediawati Elis, Pujianie Cindy, Delarosa Angela, Azizah Lies, & Aulya Rizka Raden. (2024). Pendampingan UMKM Toko Pakaian Ibu Indrawati dalam Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 289–296. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.585

Mediawati Elis, Wijaya Aditya, Pratama Akbar Gemning Dimar, Matiin Azzam Muhammad, & Yolansyah Ersa Priangga. (2024). Pendampingan Terhadap Pembukuan dan Pemasaran Mitra UMKM Musika Bandung. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2), 334–339. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.16107

Rahmadani Dyah Rannu, & Subroto Tjipto Waspodo. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167–181. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p167-181

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Lazuardy, M. R., Yusuf, M., Faishal, M., & Mediawati, E. (2025). PENDAMPINGAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM WARUNG OLIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2397–2407. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44281

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.