PENDAMPINGAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM WARUNG OLIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.44281Keywords:
Pendampingan, UMKM, Pencatatan Keuangan, Pemasaran, Media SosialAbstract
Di zaman perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan usaha. Kendala utama yang sering kali dialami adalah dalam bidang pencatatan keuangan dan pemasaran secara digital. Tidak sedikit UMKM yang belum paham sepenuhnya mengenai pentingnya pencatatan keuangan dan pemasaran melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah UMKM Warung Olis yang masih melakukan pencatatan keuangan secara manual dan belum memanfaatkan sepenuhnya media sosial untuk melakukan pemasaran secara optimal. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu UMKM Warung Olis dalam meningkatkan efisiensi pencatatan keuangan dan mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Metode pendampingan dilakukan melalui observasi awal, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ruang lingkup pembahasan berisi mengenai pemahaman penggunaan aplikasi OlisApp dan pembuatan konten promosi di Instagram. Hasil dari kegiatan pendampingan memberikan dampak yang positif bagi Warung Olis dalam meningkatkan pemahaman akuntansi terutama dengan hadirnya aplikasi OlisApp dan mengetahui cara membuat konten promosi di Instagram yang efektif untuk menarik pelanggan dari mana pun melalui media sosial. Proyek ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara tim pelajar dan UMKM dapat menghasilkan manfaat timbal balik antara kedua belah pihak, serta berkontribusi terhadap penguatan kapasitas UMKM secara berkelanjutanReferences
Achadiyah Nur Bety. (2019). OTOMATISASI PENCATATAN AKUNTANSI PADA UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 188. https://doi.org/10.18202/jamal.2019.04.10011
Mediawati Elis, M Zaki Hernanda M., Ulya Ade, & HIdayat Rahmat. (2024). PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM DOELOER COFFEE. Communnity Development Journal, 5(4), 6930–6937. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30054
Mediawati Elis, Pujianie Cindy, Delarosa Angela, Azizah Lies, & Aulya Rizka Raden. (2024). Pendampingan UMKM Toko Pakaian Ibu Indrawati dalam Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 289–296. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.585
Mediawati Elis, Wijaya Aditya, Pratama Akbar Gemning Dimar, Matiin Azzam Muhammad, & Yolansyah Ersa Priangga. (2024). Pendampingan Terhadap Pembukuan dan Pemasaran Mitra UMKM Musika Bandung. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2), 334–339. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.16107
Rahmadani Dyah Rannu, & Subroto Tjipto Waspodo. (2022). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 167–181. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p167-181
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rafhael Lazuardy, Maulana Yusuf, Mohammad Faishal, Elis Mediawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










