PENDAMPINGAN PENINGKATAN USAHA MELALUI PENGELOLAAN MANAJEMEN USAHA PADA ELVITA BAKERY & COOKIES
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43334Keywords:
Peningkatan Usaha, Manajemen usaha, UMKMAbstract
Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting dalam mendorong ekonomi kerakyatan dan solidaritas masyarakat, sehingga perlu dukungan untuk berkembang. Salah satu kendala utama yang dihadapi UMKM adalah manajemen usaha, terutama dalam pembukuan, produksi, pemasaran, dan keuangan. Elvita Bakery and Cookies yang terletak di Kecamatan Tanggul, Jember ini mengalami permasalahan dalam pengelolaan usahanya, yang berdampak pada efisiensi operasional. Untuk mengatasi hal ini, Peneliti melalui program pengabdian kepada masyarakat memberikan pendampingan dalam manajemen usaha. Pendekatan yang dilakukan meliputi diskusi permasalahan, pencarian solusi, serta pelatihan pengelolaan produksi, pemasaran, dan keuangan secara sistematis. Tujuannya adalah menciptakan tata kelola usaha yang lebih baik dan berkelanjutan. Agar manajemen usaha berjalan efektif, kontinuitas dalam pengelolaan dan administrasi sangat diperlukan. Bekal ilmu yang diberikan melalui pendampingan diharapkan dapat terus dikembangkan oleh Elvita Bakery and Cookies untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usaha.References
A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. B. L. (1985). Problems and Strategies in Services Marketing. Jurnal of Marketing Volume, 49(2), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1251563
Artaingtyas, W, D., Widiyaningsih, I., & Sulistyarso, H, B. (2021). Seputar UMKM: Peran, Permasalahan, & Pengembangannya. LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.
Hafsah, J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop, 25(2).
Heizer, J dan Render, B. (2016). Manajemen Operasi (Sebelas). Salemba Empat.
Houston & Brigham. (2019). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Empat Bela). Salemba Empat.
Ismunandar, A. (2021). anajemen Bisnis Dan Implementasi Analisis Swot Dalam Praktek Bisnis. Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, 2(1), 56–71.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Dua Belas). PT Indeks.
Masula, F., Huda, M, R, M., & Winarno, A. (2024). Literature Review : Penerapan Perencanaan Produksi Dalam Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Aktivitas Produksi. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.747
Nizam, M, F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal EMA, 5(2), 100–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Rahayu, B., et al. (2024). engaruh Manajemen Usaha Dan Pendampingan Terhadap Kinerja Bisnis Pelaku Umkm Di Kabupaten Karawang. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 6403–6410. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v7i6
Sulastri. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. Djkn.Kemenkeu.Go.Id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imam Abrori, Via Lailatur Rizki, Fauzan Muttaqien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










