PENDAMPINGAN PENINGKATAN USAHA MELALUI PENGELOLAAN MANAJEMEN USAHA PADA ELVITA BAKERY & COOKIES

Authors

  • Imam Abrori Politeknik Negeri Jember
  • Via Lailatur Rizki Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
  • Fauzan Muttaqien Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43334

Keywords:

Peningkatan Usaha, Manajemen usaha, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting dalam mendorong ekonomi kerakyatan dan solidaritas masyarakat, sehingga perlu dukungan untuk berkembang. Salah satu kendala utama yang dihadapi UMKM adalah manajemen usaha, terutama dalam pembukuan, produksi, pemasaran, dan keuangan. Elvita Bakery and Cookies yang terletak di Kecamatan Tanggul, Jember ini mengalami permasalahan dalam pengelolaan usahanya, yang berdampak pada efisiensi operasional. Untuk mengatasi hal ini, Peneliti melalui program pengabdian kepada masyarakat memberikan pendampingan dalam manajemen usaha. Pendekatan yang dilakukan meliputi diskusi permasalahan, pencarian solusi, serta pelatihan pengelolaan produksi, pemasaran, dan keuangan secara sistematis. Tujuannya adalah menciptakan tata kelola usaha yang lebih baik dan berkelanjutan. Agar manajemen usaha berjalan efektif, kontinuitas dalam pengelolaan dan administrasi sangat diperlukan. Bekal ilmu yang diberikan melalui pendampingan diharapkan dapat terus dikembangkan oleh Elvita Bakery and Cookies untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usaha.

References

A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. B. L. (1985). Problems and Strategies in Services Marketing. Jurnal of Marketing Volume, 49(2), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1251563

Artaingtyas, W, D., Widiyaningsih, I., & Sulistyarso, H, B. (2021). Seputar UMKM: Peran, Permasalahan, & Pengembangannya. LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.

Hafsah, J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop, 25(2).

Heizer, J dan Render, B. (2016). Manajemen Operasi (Sebelas). Salemba Empat.

Houston & Brigham. (2019). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Empat Bela). Salemba Empat.

Ismunandar, A. (2021). anajemen Bisnis Dan Implementasi Analisis Swot Dalam Praktek Bisnis. Al-Wathan: Jurnal Ilmu Syariah, 2(1), 56–71.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Dua Belas). PT Indeks.

Masula, F., Huda, M, R, M., & Winarno, A. (2024). Literature Review : Penerapan Perencanaan Produksi Dalam Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Aktivitas Produksi. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.747

Nizam, M, F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal EMA, 5(2), 100–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.55

Rahayu, B., et al. (2024). engaruh Manajemen Usaha Dan Pendampingan Terhadap Kinerja Bisnis Pelaku Umkm Di Kabupaten Karawang. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 6403–6410. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v7i6

Sulastri. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. Djkn.Kemenkeu.Go.Id. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html

Downloads

Published

2025-04-12

How to Cite

Abrori, I., Rizki, V. L., & Muttaqien, F. (2025). PENDAMPINGAN PENINGKATAN USAHA MELALUI PENGELOLAAN MANAJEMEN USAHA PADA ELVITA BAKERY & COOKIES. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2249–2253. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43334

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.