SOSIALISASI PERMAINAN TARDISONAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DAN CAPAIAN WAKTU RENANG GAYA BEBAS 50 M PADA KLUB RENANG NEMO SC DI KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43178Keywords:
Permainan Tadisonanal, Kemampuan gerak renangAbstract
Permainan tradisional dapat memberikan manfaat yang baik terhadap keterampilan gerak dan capaian waktu pada atlet renang. Solusi yang ditawarkan adalah memperkenalkan dan mengimplementasikan permainan tradisional kepada atlet pada perkumpulan renang yang ada di Kabupaten Kampar. Pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi permainan tradisional di air seperti permainan Kejer-kejaran di ari, Tarek-menarik beban, Mendorong beban, Menarik Beban, Tokok pundak, Mengejar target, Menahan Beban, Susun kata, Mendorong ban dengan kedua tangan, Mengejar bola. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada perkum[ulan renang Nemmo SC Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Provinsi Riau pada hari sabtu sabtu 19 Sepetember 2024. Kegaiatan meliputi memeperkenalkan kepada atlet dan pelatih tentang permaianan tradisonal dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan akhir. Hasil menunjukan bahwa permainan tradisional yang telah di sosialisasikan memebrikan perbuhan terhadap kemampuan gerak renang gaya bebas 50 m pada atlet perkumpulan renang Nemmo SC.References
Amicta, B. S., & Maidarman, M. (2019). Tinjauan Kondisi Fisik Pada Mahasiswa Mata Kuliah Renang Pendalaman FIK UNP. Jurnal JPDO, 2(1), 203–208.
Arina Rihal Jannah, Ratno Abidin, W. S. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–6.
Asmoro, T. B. P. (2015). Gelanggang Olahraga Renang Di Pontianak. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur, 3, 89–107.
Christianti, O. M. (2007). Anak dan Bermain.
Dwi pradipta, G. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak Untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292
Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166
Kurniati, E. (2006). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan. Bandung: Tidak Diterbitkan, 1–18. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197706112001122-EUIS_KURNIATI/pedagogia.pdf
Kurniawan, D., & Jhon Arwandi. (2020). Jurnal Patriot. 3, 111–119.
Mardhatillah, M., Pranata, D. Y., & Setiawan, D. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Englolibaba Biskuit Untuk Meningkatkan Keterampilan Keseimbangan Dan Komunikasi Pada Anak Sd Di Banda Aceh. Visipena, 13(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i1.1787
Nugrahastuti, E., Puspitaningtyas, E., Puspitasari, M. (2012). Nilai-Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 265–273.
Pratiwi, I. (2015). SEKOLAH RENANG DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN DESIGN SUSTAINABLE ARCHITECTURE Isna. Journal of Architecture, 4(2), 1–9.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Reftari, D. H., Suryana, A., & Setiaman, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Olahraga Renang. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.13221
Ryzki, A., Eri, B., Ishak, A., & Yogi, S. (2021). Jurnal Patriot. Jurnal Patriot, 3(March), 71–81. https://doi.org/10.24036/patriot.v
Taat Wulandari, Agustina Tri Wijayanti, S. (2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Di Paud Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Jipsindo, 2(1), 44–65. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4524
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rezki Rezki, Arimuliani Ahmad, Sigit Nugroho, Sabina Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.