PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM KULINER DI KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43177Keywords:
Digital Marketing, E-commerce, UMKM, Produk, Pertumbuhan Ekonomi, KulinerAbstract
Pelatihan digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner di Kota Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital para pelaku usaha dalam memanfaatkan platform online untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Kegiatan ini melibatkan serangkaian sesi pelatihan yang mencakup pengenalan dasar-dasar digital marketing, strategi penggunaan media sosial, optimalisasi mesin pencari (SEO), dan penggunaan platform e-commerce. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi interaktif, dan praktik langsung, yang dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada peserta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam merancang strategi pemasaran digital yang efektif serta kemampuan mereka untuk mengaplikasikan teknik-teknik yang dipelajari dalam kegiatan usaha sehari-hari. Dampak dari pelatihan ini diharapkan dapat membantu UMKM kuliner di Pekanbaru untuk lebih kompetitif di pasar digital, meningkatkan visibilitas produk, dan akhirnya meningkatkan pendapatan. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM.References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/jdinamika.v4i2.1133
Lubis, T. A., Fitriaty, F., Firmansyah, F., Ekasari, N., & Siregar, A. P. (2022). Pelatihan Digital marketing sebagai Strategi Perluasan Pangsa Pasar Produk Souvenir di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.22437/jitdm.v4i1.19537
Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afifah Afifah, Putri Madona, Yuhefizar Yuhefizar, Mukhlis Mukhlis, Anggy Anggy, Andrew Andrew, Figo Figo, Haris Haris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.