PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SKINTIFIC MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI FEB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Authors

  • Sitti Isra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Mappatompo Badawi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurinaya Nurinaya Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42786

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian skincare Skintific melalui Shopee di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Sampel terdiri dari 110 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, yang dipilih menggunakan rumus Malhotra. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner terkait masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data mencakup data primer dan sekunder. Metode analisis data yang diterapkan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan variabel  electronic word of mouth (X1) melalui uji t diperoleh t hitung 8,575 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,001, dan variabel kualitas produk (X2) diperoleh t hitung 9,497 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,001. Maka d apat disimpulkan variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitupun variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Skintific melalui Shopee di FEB Universitas Muhammadiyah Makassar.

References

Ainurzana, A. A., & Jemadi, J. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Kepercayaan, Dan Penggunaan Brand Ambassador K-Pop Idol Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(2), 351–366. https://doi.org/10.35508/jom.v16i2.9939

Amie Dhiza, Zulkarnain, A. W. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kafe Di Kota Pekanbaru. Business and Information Systems Engineering, 7(1), 15–31. https://doi.org/10.1007/s12599-013-0306-0

Annisawati, A. A., & Suarsa, S. H. (2023). Pengaruh Elektronik Word of Mouth (E-WOM) and Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial di Bandung Pada era Pandemic Covid - 19. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 7(1), 9. https://doi.org/10.31104/jsab.v7i1.247

Ayu Rara Sukmawati, D., Mathori, M., Marzuki, A., & Widya Wiwaha, S. (2022). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc (Studi pada konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jumal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha, 2(2

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dewi, S. R., & Gunanto, Ε. Υ. Α. (2023). Analisis Peran E-Wom, Halal Awareness, Marketing Influencer Dan Lifestyle Dalam Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1-18

Dwi Tamara, C., Nurlinda, R., & Penulis, K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Lifestyle, Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(2), 275–295. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i2.3044

Effect, T. H. E., Beauty, O. F., Fairness, P. P., Purchase, T., On, D., & Products, S. (2023). Pengaruh Beauty Influencer dan Perceived Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 305–317. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.305

Esther Ria Matulessy, A. U. T. (2023). Analisis Regresi PLS Sebagai Alternatif Dari Regresi Linear Berganda: Studi Kasus Pengaruh Luas Lahan dan Luas Panen Terhadap Produksi Padi di Kabupaten Manokwari. 5(2022), 3358–3361.

Hadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1-11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Karina, M., & Sari, N. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online TikTok Shop. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 6(2), 101–116. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.277

Liyono, A. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE , ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E- WOM ) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM GALON CRYSTALLINE PADA PT . PANCARAN KASIH ABADI. 3(1), 73–91.

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. Mbia, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Prasetyo Mulyono Franky, & Sulistyowati Raya. (2024). Pengaruh Green Marketing Dan Green Packaging TerhadapPerilaku Konsumen Guardian Supermarket Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(1), 9–19.

Rahmadani, D., & Eka Febriansah, R. (2024). Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorsement, dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Jurnal Arsip UMSIDA, 1–13.

Romadhoni, B., Akhmad, A. ., Naldah Naldah, & Niluh Putu Evvy Rossanty. (2023). Purchasing Decisions Effect of Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth (eWOM), Purchase Intention . Journal of Accounting and Finance Management, 4(1), 74–86. https://doi.org/10.38035/jafm.v4i1.19

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Wibowo, E. A., Resawati, R., Dwiyanisa, A., & Imelda, V. (2022) Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kpeutusan Pembelian (Studi Pada Salah Satu Usaha Konveksi Di Kabupaten Bandung). Bisnis Dan Iptek, 15(2), 144-155.

Widiantara, I. W., & Trianasari, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toyota Avanza di Singaraja. Bisma Jurnal Manajemen, 7(1), 122. https://doi.org/10.23887/bjm.v7

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Isra, S., Badawi, A. M., & Nurinaya, N. (2025). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SKINTIFIC MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI FEB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2116–2125. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42786

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.