SOSIAALISASI MEMAHAMI TINDAKAN KEKERASAN BULLYING DI SDI DUNGAN, DESA TIMUTAWA, KECAMATAN TALIBURA, KABUPATEN SIKKA

Authors

  • Maria Senyora Prasasti Sare Universitas Nusa Nipa
  • Yunita Hulo Kelen Universitas Nusa Nipa
  • Jean Luycrisia Andalani Robert Universitas Nusa Nipa
  • Margareta Nona Vani Universitas Nusa Nipa
  • Tince M. Leo Age Universitas Nusa Nipa
  • Imanuel Wellem Universitas Nusa Nipa
  • Viktor Eko Transilvanus Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42075

Keywords:

Sosialisasi, Bullying, Kekerasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying dan upaya pencegahannya di SDI Dungan melalui program sosialisasi. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini fokus pada penyusunan dan penyampaian materi sosialisasi yang relevan tanpa melakukan pengumpulan data lapangan langsung. Materi sosialisasi mencakup definisi bullying, bentuk-bentuknya, faktor penyebab, dampak, serta sanksi yang berlaku, disajikan dalam format yang mudah dipahami oleh siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman komunitas sekolah tentang kompleksitas faktor penyebab bullying, bergeser dari pandangan simplistik ke pemahaman yang lebih komprehensif. Perubahan ini penting untuk mengatasi akar masalah bullying dan mengurangi stigma terhadap pelaku, mendorong pendekatan yang lebih konstruktif dan rehabilitatif. Program sosialisasi ini tidak hanya bertujuan untuk memahami fenomena bullying, tetapi juga berkontribusi pada upaya pencegahan dan penanganan yang efektif di lingkungan sekolah, menekankan pentingnya edukasi dan kesadaran dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif bagi semua siswa.

References

Gunawan, A. H. (2000). Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Rineka Cipta.

Hertinjung, W. S., & Karyani, U. (2015). Profil Pelaku dan Korban Bullying di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS (pp. 35-47). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayati, N. (2012). Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi. Jurnal Insan, 14(01), 41-48.

Kustanti, E. R. (2015). Gambaran Bullying pada Pelajar di Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 29-39.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, R., Novitasari, D., & Natalia, L. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pandes Kabupaten Karanganyar. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 1(1), 49-58.

Pratiwi, N., Puspitawati, I., & Rosida, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Mencegah Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 75-82

Putri, H. N., Nauli, F. A., & Novayelinda, R. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(2), 1149-1159.

Saifullah, F. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan bullying pada siswa-siswi SMP (SMP Negeri 16 Samarinda). eJournal Psikologi, 4(2), 200-214.

Setyawan, D. (2014). KPAI: Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Surilena, S. (2016). Perilaku bullying (perundungan) pada anak dan remaja. CDK-236, 43(1), 35-38.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4(), 324-330.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Sare, M. S. P., Kelen, Y. H., Robert, J. L. A., Vani, M. N., Age, T. M. L., Wellem, I., & Transilvanus, V. E. (2025). SOSIAALISASI MEMAHAMI TINDAKAN KEKERASAN BULLYING DI SDI DUNGAN, DESA TIMUTAWA, KECAMATAN TALIBURA, KABUPATEN SIKKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 871–870. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42075

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.