PELATIHAN PENERAPAN KONSEP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 02 SIALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41488Keywords:
Kurikulum Merdeka, Projek Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Tema, Modul AjarAbstract
Pengabdian ini dilakukan kepada guru-guru di SDN 02 Sialang yang terletak di Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2024. Tema pengabdian kepada masyarakat ini adalah Pelatihan Implementasi Konsep Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila Dalam Pembelajaran di SDN 02 Sialang. Penerapan Kurikulum Merdeka cenderung baru sehingga tentu saja pemahaman dan penerapannya membutuhkan waktu, terutama dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila. Dengan metode pengabdian dilakukan dengan dua cara yaitu metode ceramah dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Proyek Penguatan Profil Siswa PancasilaReferences
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (2022). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Rendrapuri, R. V. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Di SDN Wangiwisata Kabupaten Bandung. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 123-130.
Hidayati, R., & Putri, M. (2021). Peran Guru dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 24(2), 112-121.
Sari, D. P., & Rachmawati, R. (2020). Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(3), 143-158.
Hasan, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 54-68.
Sugiyono, S. (2021). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 5(4), 202-211.
Taufiq, M. (2023). Penguatan Nilai Pancasila dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Pancasila, 9(2), 72-85.
Arifin, Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Aktif, 3(1), 98-109.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2022). Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Rezy Vianthia Rendrapuri, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Di SDN Wangiwisata Kabupaten Bandung. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Rahayu , Harisnawati Harisnawati, Yanti Sri Wahyuni, Ajai Firmadana, Verin Fitna Yade

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.