PELATIHAN PENERAPAN KONSEP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 02 SIALANG

Authors

  • Sri Rahayu Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Harisnawati Harisnawati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yanti Sri Wahyuni Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ajai Firmadana Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Verin Fitna Yade Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41488

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Projek Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Tema, Modul Ajar

Abstract

Pengabdian ini dilakukan kepada guru-guru di SDN 02 Sialang yang terletak di Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2024. Tema pengabdian kepada masyarakat ini adalah Pelatihan Implementasi Konsep Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila Dalam Pembelajaran di SDN 02 Sialang. Penerapan Kurikulum Merdeka cenderung baru sehingga tentu saja pemahaman dan penerapannya membutuhkan waktu, terutama dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila. Dengan metode pengabdian dilakukan dengan dua cara yaitu metode ceramah dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila

References

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (2022). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Rendrapuri, R. V. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Di SDN Wangiwisata Kabupaten Bandung. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 123-130.

Hidayati, R., & Putri, M. (2021). Peran Guru dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Projek Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 24(2), 112-121.

Sari, D. P., & Rachmawati, R. (2020). Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(3), 143-158.

Hasan, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 54-68.

Sugiyono, S. (2021). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 5(4), 202-211.

Taufiq, M. (2023). Penguatan Nilai Pancasila dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Pancasila, 9(2), 72-85.

Arifin, Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Aktif, 3(1), 98-109.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2022). Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Rezy Vianthia Rendrapuri, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Di SDN Wangiwisata Kabupaten Bandung. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3).

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Rahayu , S., Harisnawati, H., Wahyuni, Y. S., Firmadana, A., & Yade, V. F. (2025). PELATIHAN PENERAPAN KONSEP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 02 SIALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 229–232. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41488

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.