PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Authors

  • Aulia Eka Putri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erny Junardi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Chadijah Taiyeb Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulfasyah Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Saeful Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41372

Keywords:

Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kegiatan latihan pelajar di Pengajar Tinggi Muhammadiyah Makassar. Ditemukan bahwa pelajar kurang berperan aktif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Kemudian pada saat pelatihan masih banyak pelajar yang kurang aktif, kurang percaya diri, sehingga mengakibatkan peningkatan pengalaman latihan hanya dengan menunjukan dosen yang aktif sedangkan pelajarnya kurang aktif dalam latihan. Permasalahan rendahnya kegiatan latihan pelajar dapat diatasi dengan metode ceramah. Metode ceramah ini diangka sangat efektif karena menjadikan suasana pelatihan menjadi aktif dan menarik. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini melibatkan seluruh populasi dan sampel sejumlah 22 pelajar. Analisis data menggunakan tes korelasional langsung. Hasil penelitian diketahui bahwa metode ceramah secara keseluruhan berkaitan kegiatan latihan pada pelajar PGSD di Pengajar Tinggi Muhammadiyah Makassar. Seuai angka (R Square) sejumlah 2,989, maka tindakan latihan pelajar dipengaruhi oleh teknik berbicara yang berada pada kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan angka koefisien (R) sejumlah 2,992 menggolongkan bahwa hubungan antara penyebab X dengan variabel Y sangat tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil angka sig ANOVA < 2.25 yaitu 2.210 < 2.25 yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan pelajar aktif dalam memperoleh keterampilan berbahasa dan apresiasi seni.

References

Afrida, E. (2019). Pemanfaatan Strategi Percakapan agar Lebih Mengembangkan Tindakan dan Hasil Latihan PKn pada Pelajar Tingkat II. SDN 64/IV Daerah Jambi. Catatan Harian Logika SMA Batanghari, Jambi, 19(2), 282-291.

Doly, M. (2019). Pemanfaatan Sistem Penilaian Momen agar Mengembangkan Lebih Lanjut Gerakan Pelatihan IPA Pelajar Sekolah Al Hidayah Center Medan Periode Pelajaran 2013/2014. Jurnal EduTech, 1(1).

Fathoni, T. (2024). Peran teori sosial Émile Durkheim dalam pengembangan pendidikan agama Islam (perspektif solidaritas sosial dan integrasi masyarakat). AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 1654–1668.

Kamza, M., Ibrahim, H., dan Lestari, kecerdasan menggunakan komputer (2021). Dampak Strategi Pelatihan Percakapan dengan Tipe Buzz Gathering terhadap Animasi Pelatihan Pelajar dalam Mata Kuliah Ujian Ramah. Basicedu Diary, 5(5), 4120-4126.

Kartikasari, A. (2019). Dampak Media Pelatihan Kokami (Puzzling Card Box) terhadap Animasi dan Hasil Latihan Pelajar Tingkat VII Mata Kuliah Ujian Persahabatan di Smp Negeri 20 Semarang. Pengajar Tinggi Negeri Semarang

Majid, A. (2017). Metodologi Pelatihan (Edisi ketujuh). Bandung: perusahaan Remaja Rosdakarya

Moma, L. (2022). Menumbuhkan Keahlian Berpikir Kreatif dan Kritis Numerik Pelajar Melalui Strategi Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130-139.

Muhjam Kamza, Husaini, Ayu Indah Lestari . (2021). Dampak Teknik Pelatihan Percakapan Tipe Buzz Gathering terhadap Animasi Pelatihan Pelajar pada Mata Kuliah Ujian Persahabatan . Jurnal Basicedu, 5 (5), 4120 - 4126 .

Mundir. (2020). Prolog Ujian Informasi agar Penyusunan Teori dan Eksposisi. STAIN Jember Press.

Nanang, M. (2020). Teknik Penelitian Kuantitatif agar Penelitian Konten dan Investigasi Informasi Opsional. perusahaan Nuryadi, N., Astuti, TD, Sri Utami, E., dan Budiantara, M. (2022). Dasar-dasar Pengukuran Penelitian. Gramasurya.

Saliman. (2020). Upaya Membangun Animasi dan Penguasaan Keahlian Berbahasa serta Apresiasi Abstrak Melalui Teknik Percakapan Bermateri pada Pendidikan Muslim Modern pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) 2 Daerah Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 149-156.

Balok. (2018). Teknik Pelatihan Dinamis. Yogyakarta: Deeppublish (Cv Budi Utama)

Purnomo, A., Huda, M. A., Agnesti, S. A. D., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 140–148.

Siyoto, S., dan Sodik, Mama (2019). Filsafat Ujian Fundamental. Keahlian Distribusi Media.

Sudarma, KA, Purnamawati, IGA, dan Herawati, NT (2019). Dampak Diskremen Representatif Terhadap Budaya Kejujuran dan Sistem Pengungkapan Pelanggaran dalam Mencegah Pemerasan di perusahaan BPR Nusamba Kubutambahan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Pelajar Akuntansi) Undiksha, 10(3), 435-446.

Surianti, P. (2019). Dampak Teknik Percakapan terhadap Hasil Latihan Pelajar Tingkat VIII Bidang Keahlian Berbahasa dan Apresiasi Seni di SMP Masmur Pekanbaru. Pengajar Tinggi Muslim Riau.

Trianto. (2012). Perencanaan Bentuk Pelatihan Moderat Inventif (Edisi pertama). Jakarta: Media Gathering Prenada.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan kegiatan pelajar melalui pelatihan seuai bentuk latihan di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Perangkat Keras, Informatika, dan Pelatihan Profesi), 1(2), 128-139.

Yakin, A. (2020). Teknik Percakapan dalam Pengambilan Pendapat Pandangan Pandangan Muslim. Dalam Pertemuan Periodean tentang Pendidikan dan Pemikiran Muslim (ACIET), 1(1), 157-163.

Yuliana, L., Barlian, I., dan Jaenudin, R. (2021). Dampak Bentuk Pelatihan Bermanfaat Tipe Within Outside Circle terhadap Keaktifan Latihan Pelajar Mata Pelajaran Ekonomi Tingkat X SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bermanfaat, 5(1), 17-27.

Yumrotun, S. (2021). Dampak Bentuk Pelatihan Problem Based Learning terhadap Hasil Latihan dan Hasil Latihan Materi Pokok Aritmatika Pelajar Tingkat IV SD Negeri 01 Sidomulyo Kendal. JGK (Jurnal Tenaga Master Kita), 2(4), 49-56.

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Putri, A. E., Junardi, E., Taiyeb, S. C., Sulfasyah, S., & Saeful, M. (2025). PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 681–687. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41372

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.