STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PEMASARAN MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL DI KELURAHAN SUNGAI BARU KEC. BANJARMASIN TENGAH

Authors

  • Amelia Puspita Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin
  • M. Agus Humaidi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin
  • Devia Hetty Hernany Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin
  • Annisa Yunisa Wulandari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41196

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, UMKM, Teknologi Digital, Pemasaran, Sungai Baru, Banjarmasin.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sungai Baru, Banjarmasin, melalui penguasaan teknologi digital. Program ini mencakup pelatihan tentang pemanfaatan media platform untuk pemasaran, pembuatan konten kreatif, dan penggunaan aplikasi pengeditan gratis. Metode pelaksanaan meliputi pre-test untuk mengukur pengetahuan awal peserta, penyampaian materi secara teoritis, praktik langsung, serta post-test untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta mengenai media platform, kemampuan menggunakan aplikasi pengeditan, serta kepercayaan diri dalam mencoba teknologi baru. Namun, beberapa hambatan ditemukan, seperti rendahnya tingkat pendidikan peserta, pengetahuan terbatas tentang teknologi, dan keterbatasan finansial. Meskipun demikian, antusiasme dan partisipasi aktif peserta selama pelatihan menunjukkan potensi besar dalam penerapan teknologi digital untuk pemasaran. Untuk mencapai hasil yang lebih optimal, diperlukan dukungan berkelanjutan dan kerjasama dengan pihak terkait agar peningkatan kualitas pemasaran dan kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat terwujud secara berkelanjutan.

References

Agus,Suryono. 2001. Teori dan Isi Pembangunan. Malang: Universitas Negeri Malang. UM Press.

Bell, D. (1979). Communication: Technology. Harvard Business Review, IXX, (3), 71-77.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Voorberg, W. H., Bekkers, V. J. J. M., & Tummers, L. G. (2015). A systematic review of co-creation and co-production: Embarking on the social innovation journey. Public Management Review, 17(9), 1333-1357.

Yuwono, Teguh. 2001. Manajemen Otonomi Daerah, Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik (Puskodak). Semarang: UNDIP Semarang.

https://sungaibaru.banjarmasinkota.go.id/

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Puspita, A., Humaidi, M. A., Hernany, D. H., & Wulandari, A. Y. (2025). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PEMASARAN MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL DI KELURAHAN SUNGAI BARU KEC. BANJARMASIN TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 76–83. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41196

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.