KKN INTERNASIONAL UNIDA GONTOR: SINERGI PENDIDIKAN DAN BUDAYA DI MALAYSIA

Authors

  • Ahmad Dika Purnama Universitas Darussalam Gontor
  • Hafidz Shiddiq Hamonangan Lubis Universitas Darussalam Gontor
  • Fitri Setyo Rini Universitas Darussalam Gontor
  • Mohammad Kholid Muslih Universitas Darussalam Gontor
  • Jaudat Iqbal Harris Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41040

Keywords:

KKN Internasional, Pengabdian lintas budaya, Kompetensi global

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional merupakan program pengabdian mahasiswa yang dirancang untuk mendukung pembangunan masyarakat lintas budaya, sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini mengulas pelaksanaan KKN Internasional oleh mahasiswa Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam dan Negeri Selangor, khususnya Seksyen 7. Metode pelaksanaan mencakup observasi, wawancara, diskusi, dan analisis kebutuhan masyarakat untuk merancang program kerja yang berfokus pada pendidikan, sosial, dan budaya. Hasil kegiatan meliputi pelaksanaan seminar berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Arab, diskusi budaya lintas negara, pengajaran Bahasa Arab, serta keterlibatan dalam kegiatan sosial seperti pemotongan hewan kurban dan fasilitasi pembelajaran anak-anak. Program ini memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat dan melatih mahasiswa untuk memiliki kompetensi global, seperti keterampilan komunikasi lintas budaya, berpikir kritis, dan sensitivitas sosial. KKN Internasional terbukti mempererat hubungan akademik dan budaya antara kedua negara, serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam peran mereka sebagai agen perubahan. Kesimpulannya, program ini menjadi wadah strategis untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam konteks global, sekaligus menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

References

Adyuta, Izaz Vito, Nabiel Ba Ramadani Ansori, George As’ad Haibatullah El Masnany, Shafiyyah Tamala Yunfa, Shofi Robiatul Izza, Zuhrotun Navisa, Maulidiana Rahmah, dan Nihalun Nada. 2024. “Peningkatan Pemahaman Bahasa, Budaya, Agama Islam Indonesia Dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) Internasional Di Negara Thailand.” ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat 2(3):88–96. doi: 10.59246/alkhidmah.v2i3.973.

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Rahmawati Rahmawati, Widiya Septriyani, Jaihan Safitri, dan Siti Nu Paridotul Ramadhan. 2021. “KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5(2):663–76. doi: 10.31764/jmm.v5i2.4122.

Andriani, Zulfi Zumala Dwi. 2024. “BRIDGING CULTURES: ENGLISH LANGUAGE LEARNING FROM PESANTREN TO AMERICA.” Indonesian EFL Journal 10(2):255–62. doi: 10.25134/ieflj.v10i2.9769.

Cahyani, Rachmalia Novita, Aisyah Aulia Zahro, dan Achmad Arrizal Afifuddin. 2022. “Implementasi Program Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0.” Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan 35–43. doi: 10.71040/irpia.v8i3.182.

Djumadi, Djumadi, Hernawan Sulistyanto, Sabar Narimo, Harun Joko Prayitno, Suleha Suleha, Erni Rosita, Nabila Fitriyani, dan Shohenuddin Shohenuddin. 2023. “Penguatan Literasi Budaya Indonesia Pada Siswa Sanggar Belajar Sentul Kuala Lumpur Dengan Permainan Tradisional.” Buletin KKN Pendidikan 5(2):180–90. doi: 10.23917/bkkndik.v5i2.23177.

Hadinugroho, Bambang, dan Brillian Raiszhul Firdaus. 2023. “Pemberdayaan UMKM Digital Tingkat Desa : Pengabdian KKN Melalui Pendampingan Digitalisasi UMKM Di Desa Gaum, Tasikmadu, Karanganyar.” Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif 1(4):45–56. doi: 10.59024/jumek.v1i4.217.

Hidayat, Nur. 2018. “Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis Pada Pengembangan Masyarakat Yang Produktif Inovatif Dan Kreatif.” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat 2(2):219–38. doi: 10.14421/panangkaran.2018.0202-03.

Huwaida, Jaziela, Riza Ashari, Andi Nur Fadhila Mahdiyah, Nouval Salman, dan Jaudat Iqbal Harris. 2024. “THE SOCIALIZATION OF INDONESIAN CULTURE TO INTERNASIONAL STUDENT OF ISTANBUL SABAHATTIN ZAIM UNIVERISTY AS INTERNASIONAL COMMUNITY SERVICE.” Jurnal Pengabdian Masyarakat : BAKTI KITA 5(1):115–27. doi: 10.52166/baktikita.v5i1.6341.

Juwita, Mita. 2022. “PENTINGNYA PERAN MAHASISWA DALAM BELA NEGARA.”

Marselina, Apriana, Nuraini Ismail, Laurentius Dominicus Gadi Djou, dan Fitri Rohaini Nona. 2022. “Pelaksanaan Program Kerja Dalam Kegiatan KKN Mandiri Universitas Flores Di Kelurahan Paupire.” Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(3):210–18. doi: 10.37478/mahajana.v3i3.1927.

Samanto, Hadi, Tira Nur Fitria, Agus Marimin, Ariyanto Sahid, Bima Hidayatullah, dan Amrih Susanti. 2024. “Optimalisasi Peran Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Kegiatan Sosial Dan Keagamaan Di Masjid Desa Kismoyoso.” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 6(2). doi: 10.29040/budimas.v6i2.14413.

Suwartiningsih, Sri, David Samiyono, dan Daru Purnomo. 2018. “Harmonisasi Sosial Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia.” Jurnal Hubungan Internasional 7(1). doi: 10.18196/hi.71120.

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

Purnama, A. D., Lubis, H. S. H., Rini, F. S., Muslih, M. K., & Harris, J. I. (2025). KKN INTERNASIONAL UNIDA GONTOR: SINERGI PENDIDIKAN DAN BUDAYA DI MALAYSIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1813–1820. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41040

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.