PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI STORY TELLING BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD N KALAODI KECAMATAN TIDORE TIMUR KOTA TIDORE KEPULAUAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.40948Keywords:
Pembentukan Karakter, Story Telling, Kearifan LokalAbstract
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul, Pembentukan Karaktermelalui Storytelling berbasis Kearifan Lokal di SD Tidore Timur Kota Tidore”. Marak berbagai berita media cetak maupun media online tentang yang tidak memiliki nilai kesopanan bahkan melakukan tindak kriminal baik di lingkungan keluarga maupun di ingkungan luar tempat tinggal. Sebagai contoh terdapat berita tentang seorang anak dengan sangat berani memukul orang tua dikarenakan orang tua tidak memenuhi permintaannya, atau kasus seorang siswa yang dengan berani memukul guru karena ditegur ketika dinilai melanggar tata tertib sekolah, dan masih banyak lagi tindakan atau prilaku ( siswa) yang mulai meresahkan. Berbagai fonemona prilaku sosial anak di atas menjadi ladasani kegiatan sosialisasi pembentukan karakter sejak usia anak ini. Pembentukan karakater anak dapat dilakukan baik di rumah maupun lingkungan ia berada seperti di sekolah. Guru di sekolah memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak. Kearifan lokal berupa sastra lisan, baik dongeng seperti baik fabel maupun legenda merupakan sebuah media efektif yang dapat digunakan untuk membentuk karakter . Muatan lokal atau pesan moral dari dogeng dan legenda dapat memberikan gambaran sebab akibat dari sebuah tindakan atau perbuatan seseorang. Dongeng dan legenda yang merupakan kearifan lokal dapat dicerna dengan baik oleh anak usia kanak kanak ketika disampaikan melalui storytelling yang menarik dan komunikatif.References
Abrar M. 2016. “Learning from Fables: Moral Values in Three Selected English Stories. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 16 No. 1, 2016
Prasanti.D., Fitriani D.R. 2019. “obsesi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan
Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas)”. Jurnal OBSESI.
Vol 2 No 1 (2018) Page 13 – 19
Krysna Dini S. 2012. “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak. , Volume 1, Edisi 1, Juni 2012
Mutia.2021. “Characteristics of Chlidren Age of Education”.Jurnal FITRAH. Vol.3
No.1 E-ISSN 2722-7294 I P-ISSN 2656-5536
Sibarani, Robert.2012. Kearifan Lokal, Hakikat, Peranan dan Metode Tradisi Lisan . Asosiasi Tradisi Lisan (ATL). Jakarta.
Suparno,paul,2015. Pendidikan Karakter di Sekolah. Sebuah Pengantar Umum. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga . Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurain Jalaluddin, Ismail Maulud, Junita Susanti, Mudrika Ramadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










