OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SINTANG DALAM MENGHADAPI PASAR GLOBAL DAN INDUSTRI KREATIF

Authors

  • Yasir Hudzaifah Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Wulan Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Joko Susilo Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Ravinazan Ravinazan Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40844

Keywords:

Digital Marketing, Sosial Media Marketing, Industri Kreatif, Kompetensi Digital

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini membahas optimalisasi digital marketing untuk siswa SMK Muhammadiyah Sintang dalam menghadapi pasar global dan industri kreatif. Pentingnya topik ini didasari oleh kebutuhan mendesak akan peningkatan kompetensi digital di kalangan siswa SMK untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat dan perkembangan pesat industri kreatif.  Keterampilan digital marketing yang memadai menjadi kunci keberhasilan dalam berwirausaha maupun bekerja di era digital. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan workshop yang interaktif, memadukan teori dan praktik, dengan materi meliputi strategi pemasaran media sosial, SEO, dan periklanan online. Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah siswa SMK Muhammadiyah Sintang. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa terkait digital marketing, dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan.  Siswa juga menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam menerapkan strategi digital marketing. Hasil ini menunjukkan bahwa program pelatihan efektif dalam meningkatkan kompetensi digital siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan pasar global dan industri kreatif.  Peningkatan kompetensi digital ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing lulusan SMK Muhammadiyah Sintang dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi lokal.

References

Bangsawan, S., Mahrinasari, M. S., Nama, G. F., & Febrian, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Desain Digital Content Marketing. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1093–1101.

Fauziah, H., Restilia, A., Akbar, M. F., & Azriya, N. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Masyarakat Desa Sukadadi Melalui Strategi Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan UMKM. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 817–823.

Febri, F. Y., Permatasari, D., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan digital marketing sebagai upaya pengembangan strategi pemasaran produk umkm batik Di kelurahan gedog Kota blitar. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60–72.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120–125.

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur-Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250–258.

Septiana, L., Sapitri, S., & Muhlida, S. M. (2022). Pelatihan Digital Marketing dan Pembuatan Sabun pada Siswa–Siswi SMP Yayasan Perguruan Islam As Sa’adah. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 22–31.

Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D. P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8–11.

Sundara, D., Laksono, R., & Gultom, J. R. (2020). Sosialisasi Etika Bisnis dan Entrepreneur UMKM–Setu Babakan Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 141–152.

Suworo, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2020). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 177–180.

Wijaya, A. L. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Remaja Karang Taruna Pemilik Online Shop di Desa Sambirejo Kec. Jiwan Kab. Madiun. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 4(1), 16–27.

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Hudzaifah, Y., Sari, W. P., Susilo, J., & Ravinazan, R. (2025). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SINTANG DALAM MENGHADAPI PASAR GLOBAL DAN INDUSTRI KREATIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2160–2165. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40844

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.