PELATIHAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DALAM EKONOMI DIGITAL PADA PRODUK AIR MINUM KEMASAN Q-MAS

Authors

  • Merinda Lestandy Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lailis Syafaah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khusnul Hidayat Universitas Muhammadiyah Malang
  • M. Irfan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lukman Hakim Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40765

Keywords:

Manajemen Sistem Informasi, Pelatihan, Ekonomi Digital, Transformasi Digital, Produktivitas

Abstract

PT. TASAMA melalui produk Q-MAS menghadapi berbagai kendala dalam pengelolaan operasional, seperti pencatatan produksi yang masih manual dan pemasaran yang kurang terintegrasi secara digital. Untuk mengatasi tantangan tersebut, dilakukan program pengabdian berupa pelatihan manajemen sistem informasi berbasis aplikasi web tasamaqmas.com. Pelatihan ini dirancang dalam tiga tahap: pengenalan teori, praktik langsung, dan monitoring implementasi, dengan pendekatan interaktif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan efisiensi waktu pencatatan hingga 62%, akurasi data operasional, dan pengambilan keputusan yang lebih efektif. Sistem informasi ini mendukung transformasi digital Q-MAS, memperkuat daya saing, dan memastikan keberlanjutan operasional di pasar ekonomi digital. Penerapan sistem berbasis web untuk pencatatan data produksi menggantikan metode manual yang rentan kesalahan, memberikan proses yang lebih cepat, akurat, dan dapat diakses kapan saja. Program ini menjadi model strategis untuk meningkatkan produktivitas melalui integrasi teknologi dalam manajemen operasional.

References

Al Aidhi, A., Ade, M., Harahap, K., Rukmana, A. Y., Palembang, S. P., & Bakri, A. A. (n.d.). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi. In Jurnal Multidisiplin West Science (Vol. 2, Issue 02).

Andaiyani, S., Tarmizi, N., Ekonomi Pembangunan, J., Ekonomi, F., Sriwijaya, U., & Artikel, I. (2020). Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services Peran Financial Technology sebagai Alternatif Permodalan bagi UMKM di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 85–92. https://doi.org/10.29259/jscs

Darmanto, Agus Prayitno, & Dhaniswara, E. (2024). Penerapan Teknologi Informasi dalam Pemasaran dan Pengolahan Persediaan CV. Diwarna. TEKIBA : Jurnal Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 14–21. https://doi.org/10.36526/tekiba.v4i2.4458

Dwi Yunika, F. (n.d.). INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0.

Eka, G., & Antara, D. (n.d.). PENINGKATAN INOVASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAN PROGRAM BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MEMAJUKAN INDUSTRI KREATIV DI BALI: Vol. IX.

Fathony, R., Muradi, M., & Sagita, N. I. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.34010/agregasi.v9i2.5581

Lestandy, M., Hidayat, K., Kusuma Dewi, S., Hakim, L., Aqmal, M., Darrell Bayanaka, D., Sigit Dwi Laksono, P., & Septian Adji, B. (2024). APLIKASI SISTEM INFORMASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MANAJEMEN DAN PRODUKTIVITAS DALAM EKONOMI DIGITAL PADA PRODUK Q-MAS M PT. TASAMA. In Communnity Development Journal (Vol. 5, Issue 6).

Muhammad Rifaldi, Sri Hartati, & Muhammad Alfin Vajriansyah. (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Brand Awareness di Era E-Commerce. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRIME), 3(1), 58–65. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v3i1.2790

Rika, N. P., Astari, P., & Candraningrat, I. R. (n.d.). Pengaruh Fintech Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. In Jurnal Manajemen Strategi dan Simulasi Bisnis (JMASSBI) (Vol. 3, Issue 1).

Serang, S., Amalia, N., & Auliah Ariski, N. (2024). INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen Peran Teknologi Sistem Informasi dalam Strategi Manajement Produksi dan Operasional di Lingkungan Global. 20(2), 448–454.

Sibarani, S. A. B., Munthe, A., & Irviantina, S. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK MASYARAKAT DI KAMPUNG NELAYAN SEBRANG MEDAN BELAWAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 309. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i2.37100

Siregar, R. A., Sari, R. L., & Ruslan, D. (n.d.). Peranan Financial Technology Dalam Perkembangan Umkm Di Era Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli, 2023(14), 635–641. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186038

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Lestandy, M., Syafaah, L., Hidayat, K., Irfan, M., & Hakim, L. (2025). PELATIHAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DALAM EKONOMI DIGITAL PADA PRODUK AIR MINUM KEMASAN Q-MAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1056–1062. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40765

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.