PENGENALAN BULLYING MELALUI TEKNIK ROLE PLAY DI SD 17 TANJUNG ATAP OGAN ILIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40722Keywords:
Bullying, Role Play, Sd 17 Tanjung atapAbstract
Pada tahun 2019 PISA (Programme for Internasional Students Assesment) menemukan bahwa di Negara Indonesia masih banyak anak yang mengalami perilaku bullying (perundungan) yaitu sebesar 41%. Perilaku bullying (perundungan) merupakan salah satu dari perilaku yang tidak diharapkan, terutama pada lingkungan sekolah dikarenakan bullying (perundungan) adalah perilaku agresif. Metode yang digunakan teknik role play. Hasil pengabdian Masyarakat bahwa kegiatan ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif pada siswa dan lingkungan sekolah, terutama melalui metode interaktif seperti role play. Namun, agar hasilnya maksimal, diperlukan perhatian pada kelemahan dan ancaman yang mungkin timbul, seperti persiapan yang lebih matang, keterlibatan pihak terkait, dan upaya tindak lanjut. Dengan demikian, program ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam mencegah bullying di lingkungan sekolahReferences
Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.
Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif dari Pada Menangani (Kasus Bullying pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart PAUD, 1(1)
Aida, N., dan Rini, R. A. P. (2015). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1)
Atikah, Jihan Fairuz. (2022). Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Surabaya. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana.
Dewi, Ni Ketut Yessi Shinta. (2023). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Pemahaman Bullying (Perundungan) Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1)
Rangkuti, Freddy. (2009). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sarayati, S. (2019). Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sikap Mandiri Anak TK B Dewi Sartika Sintang. DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Wahab, Abdul A. (2009). Metode dan model-model mengajar IPS. Bandung: Alfabet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutia Mawardah, Nadya Dinda Dhea Widianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.