PENGENALAN BULLYING MELALUI TEKNIK ROLE PLAY DI SD 17 TANJUNG ATAP OGAN ILIR

Authors

  • Mutia Mawardah Universitas Bina Darma
  • Nadya Dinda Dhea Widianty Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40722

Keywords:

Bullying, Role Play, Sd 17 Tanjung atap

Abstract

Pada tahun 2019 PISA (Programme for Internasional Students Assesment) menemukan bahwa di Negara Indonesia masih banyak anak yang mengalami perilaku bullying (perundungan) yaitu sebesar 41%. Perilaku bullying (perundungan) merupakan salah satu dari perilaku yang tidak diharapkan, terutama pada lingkungan sekolah dikarenakan bullying (perundungan) adalah perilaku agresif. Metode yang digunakan teknik role play. Hasil pengabdian Masyarakat bahwa kegiatan ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif pada siswa dan lingkungan sekolah, terutama melalui metode interaktif seperti role play. Namun, agar hasilnya maksimal, diperlukan perhatian pada kelemahan dan ancaman yang mungkin timbul, seperti persiapan yang lebih matang, keterlibatan pihak terkait, dan upaya tindak lanjut. Dengan demikian, program ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam mencegah bullying di lingkungan sekolah

References

Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.

Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif dari Pada Menangani (Kasus Bullying pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart PAUD, 1(1)

Aida, N., dan Rini, R. A. P. (2015). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1)

Atikah, Jihan Fairuz. (2022). Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Surabaya. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana.

Dewi, Ni Ketut Yessi Shinta. (2023). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Pemahaman Bullying (Perundungan) Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1)

Rangkuti, Freddy. (2009). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sarayati, S. (2019). Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sikap Mandiri Anak TK B Dewi Sartika Sintang. DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Wahab, Abdul A. (2009). Metode dan model-model mengajar IPS. Bandung: Alfabet

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Mawardah, M., & Widianty, N. D. D. (2025). PENGENALAN BULLYING MELALUI TEKNIK ROLE PLAY DI SD 17 TANJUNG ATAP OGAN ILIR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1827–1830. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40722

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.