PERAN GENERASI MUDA SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI KREATIF DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40645Keywords:
Generasi Muda, Ekonomi Kreatif, Inovasi, Kewirausahaan, IndonesiaAbstract
Ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Generasi muda, dengan kreativitas, inovasi, dan pemahaman teknologi, berperan penting sebagai penggerak utama sektor ini. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendorong generasi muda dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong keterlibatan mereka, serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peminatan generasi muda pada sektor bisnis sangat dominan. Namun, kendala seperti keterbatasan akses pembiayaan, regulasi yang kurang mendukung, dan minimnya pendidikan kewirausahaan masih menjadi hambatan utama. Rekomendasi penelitian ini mencakup perlunya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan institusi pendidikan untuk menciptakan ekosistem yang mendukung keberlanjutan ekonomi kreatif yang dipelopori oleh generasi muda. Metode yang digunakan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Hasilnya, nilai rata-rata pada pre dan post-test memiliki hasil yang sangat baik ketika sudah diberikan edukasi.References
Abrar Kasmin Hutagalung, Muhammad, Rahma Fitri, and Sri Rezeki Widya Ritongga. 2019. “Generasi Muslim Milenial Dan Wirausaha.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 301.
Fadhilah S, N. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Pada Kelompok Usaha Rumah Tangga Binaan Yayasan EcoNatural Society di Kabupaten Kepulauan Selayar). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, 8.
Republik Indonesia. (2019). Undang-Undang Nomor 24 tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif .
Santosa, Agus. 2020a. “PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF INDUSTRI KECIL MENENGAH KOTA SERANG DI MASA PANDEMI COVID-19.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 5 (No. 11). http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i11.1730. 2020b. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19.” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 5 (11): 1257–72.
Sari, Anggri Puspita, Muhammad Faisal A R Pelu, Idah Kusuma Dewi, Marthinus Ismail, Robert Tua Siregar, Nina Mistriani, Elisabeth Lenny Marit, Maklon Felipus Killa, Bonaraja Purba, and Endang Lifchatullaillah. 2020. Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.
Susilawati, I. (2019). PERAN GENERASI MILLENIA MUSLIM DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo.
Yunus, Mahmud. 2017. “EKONOMI KREATIF, KONSEP EKONOMI BARU PENGGERAK MAHASISWA MENJADI WIRAUSAHA KREATIF.” Seminar Nasional Ke Indonesiaan IV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irma Shantilawati, Yulianti Yulianti, Ibnu Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.