MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MELALUI BRANDING DAN PACKAGING KREATIF DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Andrian Firdaus Yusuf Al Qordhowi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Judiono Judiono Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Sudarso Sudarso Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40590

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, UMKM, Jajanan Tradisional, Pasar Legi, Branding, Packaging, Pemberdayaan Masyarakat, New Normal, PPKM

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan komunitas lokal. Program KKN yang dilaksanakan di Pasar Legi, Klaten, Jawa Tengah, berfokus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam sektor jajanan tradisional. Dalam kondisi pandemi COVID-19 dan pembatasan sosial (PPKM), UMKM menghadapi berbagai tantangan, termasuk penurunan pengunjung dan kesulitan dalam memasarkan produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui strategi branding dan packaging yang efektif. Kegiatan KKN melibatkan analisis kebutuhan UMKM, pelatihan tentang desain kemasan, dan pengembangan strategi pemasaran yang adaptif terhadap kondisi new normal. Melalui pelatihan tersebut, pelaku UMKM diberikan pengetahuan tentang pentingnya branding dan kemasan yang menarik untuk meningkatkan daya tarik produk mereka. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa intervensi dalam branding dan packaging berkontribusi signifikan terhadap peningkatan minat beli konsumen. UMKM di Pasar Legi berhasil beradaptasi dengan perubahan pasar dan memperbaiki visibilitas produk mereka. Dengan demikian, pendekatan yang diterapkan dalam program KKN ini dapat menjadi model pemberdayaan UMKM yang efektif, terutama dalam menghadapi tantangan global dan lokal yang berkembang.

References

Buku pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNSURI 2022

Pedoman Akademik Universitas Sunan Giri Surabaya. 2022.

Pedoman Monitoring dan Evaluasi KKN 2022 Universitas Sunan Giri Surabaya 2022

Presedur Operasional standar Monitoring dan Evaluasi KKN 2021 Universitas Sunan Giri Surabaya 2021

Pedoman Buku KKN Tahun 2020 Universitas Sunan Giri “Mitigasi Bencana Pandemi Covid-19 Berbasis Karifan Masyarakat Lokal

RPJMDes Jogosatru 2017

(Diunduh pada tanggal 1 Agustus 2021)

IDM Jogosatru 2020

(Diunduh pada tanggal 1 Agustus 2022)

New Normal, Pemberdayaan Masyarakat | Baladena.ID

(Diunduh pada tanggal 1 September 2022)

(101) Cara Membuat Takir Dari Daun Pisang Yang Sangat Mudah - YouTube (Diunduh pada tanggal 10 Agustus 2022)

(101) CARA MELIPAT BUNGKUS NASI KEKINIAN - YouTube

(Diunduh pada tanggal 10 Agustus 2023) Buku pedoman KKN unsuri tahun 2023

Andrian Firdaus Yusuf, Zain Alwi Arafat, Community Development Journal, Vol.4 No.2 Juni 2023, Hal. 5395-5404, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Bioentrepreneurship Penerapan Penanaman Dengan Menggunakan Teknik Kokedama Di Desa Janti Waru Kabupaten Sidoarjo

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2019). Rulers of the world, unite! The challenges and opportunities of artificial intelligence. Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2019.09.0 03

Floreddu, P. B., & Cabiddu, F. (2016). Social Media Communication Strategies. Journal of Services Marketing. https://doi.org/10.1108/JSM-01- 2015- 0036

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Qordhowi, A. F. Y. A., Judiono, J., & Sudarso, S. (2025). MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MELALUI BRANDING DAN PACKAGING KREATIF DI ERA NEW NORMAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 68–75. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40590

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.