OPTIMALISASI DIGITAL MARKETIG UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN OLAHAN IKAN PADA UMKM DESA BELUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Yenni Vera Fibriyanti Universitas Islam Lamongan
  • Fitri Nurjanah Universitas Islam Lamongan
  • Mohammad Syafik Universitas Islam Lamongan
  • Yanuar Lazuardi Universitas Islam Lamongan
  • Abdul Ghofur Universitas Islam Lamongan
  • Ahmad Imam Amrozi Universitas Islam Lamongan
  • Fani Nur Fadhilah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40545

Keywords:

Optimalisasi Digital Marketing, Jual beli, Olahan ikan, Pengabdian

Abstract

Program Optimalisasi Digital Marketing di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.  Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan olahan ikan di Desa Balun. Metode pelaksanaan terdiri dari empat kegiatan yaitu: (1) Kegiatan koordinasi, singkronisasi jadwal, observasi dan wawancara; (2) Pelatihan teknik pengolahan ikan mujaer menjadi inovasi makanan; (3) Pelatihan digital marketing olahan ikan; (4) Evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu (1) meningkatnya ketrampilan pembuatan olahan ikan; (2) meningkatnya daya saing pemasaran melalui digital marketing; (3) meningkatnya perekonomian masyarakat Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan

References

Akbar, M.A. & Alam, S.N. (2020). E-Commerce : Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Moelyono Mauled. 2010. Menggerakan Ekonomi Kreatif antara Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sathya, P. (2017). A Study on Digital Marketing and its Impact, 6(2), 866 - 868.

Schiffman Leon, W. J. (2015). Consumen Behaviour (ELEVENTH). New York : Pearson.

Septiano. (2017, Mei). Digital Marketing. Retrieved from Red Tree. Diunduh dari :

Sofjan Assauri. 2010.Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sumitro Djodjohadikusumo. 2014. Perkembangan Pemikiran Ekonomi Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: LP3ES

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Fibriyanti, Y. V., Nurjanah, F., Syafik, M., Lazuardi, Y., Ghofur, A., Amrozi, A. I., & Fadhilah, F. N. (2024). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETIG UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN OLAHAN IKAN PADA UMKM DESA BELUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12851–12854. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40545

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.