OPTIMALISASI DIGITAL MARKETIG UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN OLAHAN IKAN PADA UMKM DESA BELUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40545Keywords:
Optimalisasi Digital Marketing, Jual beli, Olahan ikan, PengabdianAbstract
Program Optimalisasi Digital Marketing di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan olahan ikan di Desa Balun. Metode pelaksanaan terdiri dari empat kegiatan yaitu: (1) Kegiatan koordinasi, singkronisasi jadwal, observasi dan wawancara; (2) Pelatihan teknik pengolahan ikan mujaer menjadi inovasi makanan; (3) Pelatihan digital marketing olahan ikan; (4) Evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu (1) meningkatnya ketrampilan pembuatan olahan ikan; (2) meningkatnya daya saing pemasaran melalui digital marketing; (3) meningkatnya perekonomian masyarakat Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten LamonganReferences
Akbar, M.A. & Alam, S.N. (2020). E-Commerce : Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Moelyono Mauled. 2010. Menggerakan Ekonomi Kreatif antara Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sathya, P. (2017). A Study on Digital Marketing and its Impact, 6(2), 866 - 868.
Schiffman Leon, W. J. (2015). Consumen Behaviour (ELEVENTH). New York : Pearson.
Septiano. (2017, Mei). Digital Marketing. Retrieved from Red Tree. Diunduh dari :
Sofjan Assauri. 2010.Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumitro Djodjohadikusumo. 2014. Perkembangan Pemikiran Ekonomi Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: LP3ES
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yenni Vera Fibriyanti, Fitri Nurjanah, Mohammad Syafik, Yanuar Lazuardi, Abdul Ghofur, Ahmad Imam Amrozi, Fani Nur Fadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










