PENGEMBANGAN PRODUK DAN KUALITAS UMKM DI KELURAHAN MEKAR SENTOSA KECAMATAN RAMBUTAN KOTA TEBING TINGGI

Authors

  • Ingan Malem Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Ivana Supi Al Amudi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Irham Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Huswatun Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Rizka Dina Aditya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Rahmad Mugi Pramana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Deva Afandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Hadi Purwanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Imelda Mardayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Willy Cahyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Rapat Piter Sony Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40420

Keywords:

Kemasan Produk, Promosi, Pemasaran Digital.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah penggerak perekonomian terbesar di Indonesia. Namun banyak pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran masih secara konvensional sehingga omset dan keuntungan tidak maksimal. Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi memiliki potensi pengembangan usaha UMKM, namun banyak dari usaha tersebut mengalami kendala terutama dalam melakukan pemasaran produknya yakni menggunkan cara-cara konvensional sehingga jangkauan pasar sasaran masih sempit. Oleh karena itulah perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan mengenai pentingnya pengembangan  usaha dengan cara pengenalan produk, perbaikan produksi dan cara pengolahan  melalui pembuatan logo/stiker nama pada kemasan serta upaya pemasaran produk dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya packaging sebagai salah satu strategi penjualan dan pentingnya pemanfaatan media digital sebagai media promosi dan transaksi jual-beli untuk memperluas jangkauan pasar. diikuti oleh beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Mekar Sentosa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya perbaikan packaging dan digital marketing sebagai media pemasaran. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah akun digital sebagai media pemasaran produk dan kemasan produk yang menarik.

References

Sumber. Profil kelurahan mekar sentosa tahun 2023

Tulus Tambunan, 2012, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : isu-isu penting, Jakarta : LP3ES.

Sukandi Sukartaatmadja, Yanto Hermawan, Uluan Silaen. 2023. Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan DigitalMarketing Kelurahan Gudang Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 4 No. 1, 2023 page 31-34

Eri Mardiani, Nur Rahmansyah, Sari Ningsih & dkk. 2023. Pkm Meningkatkan Penjualan Umkm Bagi Pelaku Bisnis Usia Lanjut Melalui Inovasi Ecommerce Disaat Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Swadimas Vol 01 No 01 Januari 2023 page 50-55

I Gusti Ngurah Nyoman Bagiarta. 2020. PKM Pembuatan Logo Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Social Media Pada Pabrik Roti "HM" Karangasem. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti Vol.2 No.2 Maret 2020 page 117-122.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Tarigan , I. M., Amudi, I. S. A., Lubis, I., Fatimah , H., Aditya, R. D., Pramana, R. M., … Sony, R. P. (2024). PENGEMBANGAN PRODUK DAN KUALITAS UMKM DI KELURAHAN MEKAR SENTOSA KECAMATAN RAMBUTAN KOTA TEBING TINGGI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12726–12730. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40420

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.