PENGEMBANGAN PRODUK DAN KUALITAS UMKM DI KELURAHAN MEKAR SENTOSA KECAMATAN RAMBUTAN KOTA TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40420Keywords:
Kemasan Produk, Promosi, Pemasaran Digital.Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah penggerak perekonomian terbesar di Indonesia. Namun banyak pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran masih secara konvensional sehingga omset dan keuntungan tidak maksimal. Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi memiliki potensi pengembangan usaha UMKM, namun banyak dari usaha tersebut mengalami kendala terutama dalam melakukan pemasaran produknya yakni menggunkan cara-cara konvensional sehingga jangkauan pasar sasaran masih sempit. Oleh karena itulah perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan mengenai pentingnya pengembangan usaha dengan cara pengenalan produk, perbaikan produksi dan cara pengolahan melalui pembuatan logo/stiker nama pada kemasan serta upaya pemasaran produk dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya packaging sebagai salah satu strategi penjualan dan pentingnya pemanfaatan media digital sebagai media promosi dan transaksi jual-beli untuk memperluas jangkauan pasar. diikuti oleh beberapa pelaku UMKM di Kelurahan Mekar Sentosa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya perbaikan packaging dan digital marketing sebagai media pemasaran. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah akun digital sebagai media pemasaran produk dan kemasan produk yang menarik.References
Sumber. Profil kelurahan mekar sentosa tahun 2023
Tulus Tambunan, 2012, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : isu-isu penting, Jakarta : LP3ES.
Sukandi Sukartaatmadja, Yanto Hermawan, Uluan Silaen. 2023. Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan DigitalMarketing Kelurahan Gudang Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 4 No. 1, 2023 page 31-34
Eri Mardiani, Nur Rahmansyah, Sari Ningsih & dkk. 2023. Pkm Meningkatkan Penjualan Umkm Bagi Pelaku Bisnis Usia Lanjut Melalui Inovasi Ecommerce Disaat Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Swadimas Vol 01 No 01 Januari 2023 page 50-55
I Gusti Ngurah Nyoman Bagiarta. 2020. PKM Pembuatan Logo Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Social Media Pada Pabrik Roti "HM" Karangasem. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti Vol.2 No.2 Maret 2020 page 117-122.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ingan Malem Tarigan , Ivana Supi Al Amudi, Irham Lubis, Huswatun Fatimah , Rizka Dina Aditya, Rahmad Mugi Pramana, Deva Afandi, Hadi Purwanto, Imelda Mardayanti, Willy Cahyadi, Rapat Piter Sony

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










