PENGUATAN MANAJEMEN UMKM DI DESA PAYA LOMBANG KEC. TEBING TINGGI KAB. SERDANG BEDAGAI

Authors

  • Dian Purnama Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Dara Mustika Saragih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Sri Suci Novianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Dea Novita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Anita Zahra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Bagus Prayogi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Mangasi Sinurat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Lukieto Cahyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Bobby Hartanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Aisyah Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40418

Keywords:

Penguatan Manajemen, UMKM, Pengembangan Usaha

Abstract

Penguatan manajemen UMKM memerlukan penerapan berbagai strategi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional, daya saing, dan keberlanjutan. Salah satu strategi yang krusial adalah pengembangan sumber daya manusia. Melalui pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan, pemilik UMKM dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola UMKM dengan lebih efektif. Pelatihan meliputi manajemen keuangan, pemasaran, manajemen rantai pasokan, serta penggunaan teknologi digital. Peningkatan kapasitas manajerial ini akan membantu UMKM dalam membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

References

Andika, Putra, Pratama. (2023). Exploring and Designing Employee Training and Development Programs for SMEs in Jabodetabek and Bandung. International Journal of Current Science Research and Review, doi: 10.47191/ijcsrr/v6-i7-50

Angela, Roman., Valentina, Diana, Rusu. (2022). Digital Technologies and the Performance of Small and Medium Enterprises. Studies in business and economics, doi: 10.2478/sbe-2022-0055.

Buku Panduan Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya Tebing Tinggi Tahun 2024/2024

Yose, R. F. (2023). Job Creation Efforts through Empowering Micro, Small and Medium Enterprises. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 1211-1214.

Arianto, B. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Pardede, E. Y. R., & Simanjuntak, M. (2022). Penguatan Pemasaran Digital UMKM Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang, UD Rezeki Baru). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 119–133.

Utami, K. S. (2022). Penguatan Strategi Pemasaran UMKM di masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pelaku Usaha Tenun di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 284.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sari, D. P., Saragih, D. M., Novianti, S. S., Sari , D. N., Zahra, A., Prayogi, B., … Siregar, A. (2024). PENGUATAN MANAJEMEN UMKM DI DESA PAYA LOMBANG KEC. TEBING TINGGI KAB. SERDANG BEDAGAI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12707–12710. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40418

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.