STRATEGI PENERAPAN BRANDING UNTUK MENINGKATKAKAN DAYA SAING UMKM DI DESA BOJONGGENTENG

Authors

  • Chandra Ayu Pramestidewi Universitas Djuanda
  • Sri Harini Universitas Djuanda
  • Yulianingsih Yulianingsih Universitas Djuanda
  • Mohammad Mursidi Hariyadi Universitas Djuanda
  • Nisa Rahwamati Universitas Djuanda
  • Risma Aprilianti Universitas Djuanda
  • Amar Zidan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40399

Keywords:

UMKM, Daya Saing, Branding, Strategi

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat berkontribusi dalam menciptakan kesempatan kerja serta menyuplai layanan ekonomi bagi masyarakat secara keseluruhan, berperan dalam proses distribusi yang lebih merata dan peningkatan pendapatan penduduk, mendorong perkembangan ekonomi di Desa Bojonggenteng, dan berkontribusi pada kestabilan negara. Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan taktik UMKM dalam memperkuat daya saing mereka lewat pemberian merek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe diskriptif. Metode purposive sampling digunakan untuk menemukan informan. Analisis data dilakukan dengan mengurangi dan menampilkan data, lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM meningkatkan daya saingnya dari segi produktifitas: Penggunaan peralatan produksi yang sederhana dan tingkat pendidikan karyawan pada pelaku UMKM masih rendah meskipun mereka dapat menghasilkan produk berkualitas. Meskipun kualitas dari produk UMKM sudah baik, masih diperlukan peningkatan. Sesi Nilai: Harga dari produk yang dihasilkan oleh usaha kecil dan menengah (UMKM) dapat diterima oleh masyarakat, dan proses pembeliannya pun mudah karena diterima oleh konsumen.

References

Irham Fahmi, 2019, Dasar-dasar Perekonomian Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers.

BADAWI, Ahmad, and Lucky NUGROHO. 2022. “Keberlangsungan Usaha Melalui Peningkatan Kualitas SDM Untuk Menciptakan Prilaku Inovatif Dalam Pengembangan Produk Pada UMKM Kelurahan Meruya Utara.” Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):140–4. doi: 10.38142/ahjpm.v1i2.348.

Coaker, W. (2021). Branding With Images: The Ultimate Guide to Grow Your Business with Images: How to Build a Strong Brand Image. New York: Independently Published.

Firmansyah, Anang. (2019). "Pemasaran Produk dan Merek (Planning & strategy." Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.

Christensen, C. M., Dillon, K., & Duncan, D. S. (2016). Competing Against Luck: The Story of Innovation and Customer Choice. Harper Business.

Ramadian, Afzil, Mursidi Hariyadi, Rozaan Fairuz, and Rafi Rabbani. 2024. “Strategi Efektif Penerapan Inkubator Bisnis Terhadap Perusahaan Startup Di Indonesia.” 197–2

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management . Pearson.

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Pramestidewi, C. A., Harini, S., Yulianingsih, Y., Hariyadi, M. M., Rahwamati, N., Aprilianti, R., & Zidan, A. (2025). STRATEGI PENERAPAN BRANDING UNTUK MENINGKATKAKAN DAYA SAING UMKM DI DESA BOJONGGENTENG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 789–793. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40399

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.