PENGEMBANGAN KELAYAKAN BISNIS UMKM“BUAH JUWET” SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA LOPANG LAMONGAN

Authors

  • Nurus Safa’atillah Universitas Islam Lamongan
  • Moh. Muklis Sulaeman Universitas Islam Lamongan
  • Indira Shofia Maulida Universitas Islam Lamongan
  • Wisnu Priambodo Universitas Islam Lamongan
  • Moh. Heru Budi Santoso Universitas Islam Lamongan
  • Eka Fais Wahyul Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40298

Keywords:

Studi Kelayakan Bisnis ,Buah Jamblang, Desa Sentral UMKM

Abstract

Studi Pengembangan Kelayakan Bisnis adalah suatu bentuk pengembangan yang bertujuan untuk memutuskan apakah sebuah bisnis layak atau tidak dilaksanakan dengan memandang dari berbagai aspek mulai dari aspek hukum,aspek lingkungan,aspek pasar dan pemasaran ,aspek manajemen  dan MSDM serta aspek keuangan.Penelitian terhadap rencana bisnis tidak hanya menganalisa layak atau tidak bisnis dibangun tetapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidak ditentukan. Salah satu produk unggulan desa Lopang adalah Jamblang.Jamblang adalah salah satu jenis tanaman serba guna yang memiliki banyak manfaat terutama untuk obat-obatan. Namun demikian, populasi tanaman jamblang pada lahan masyarakat di wilayah Kabupaten Lopang masih terbatas. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan inovasi UMKM sebagai produk unggulan lokal di Desa Lopang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan.Penelitian dilakukan dengan metode survei terhadap petani pemilik tanaman jamblang dan pedagang yang terlibat dalam pemasaran buah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap 15 orang petani pemilik tanaman jamblang. Data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif, sedangkan efisiensi sistem pemasaran dianalisis berdasarkan margin pemasaran dan farmer`s share.Jadi kreatif adalah sifat yang selalu mencari cara-cara baru dan inovatif UMKM adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif dalam pengembangan produk lokal yang berdaya saing nasional. Luaran yang ditargetkan yaitu artikel ilmiah dimuat dijurnal nasional.Target Pengabdian pengembangan Analisis Studi kelayakan bisnis (Aspek pasar dan pemasaran,Aspek Teknis dan produksi,Aspek manajemen dan sumber daya manusia, Aspek Keuangan,Aspek Lingkungan dan Asek Hukum). untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan UMKM “buah Jamblang” serta untuk membuat keputusan pengembangan manajemen perusahaan selanjutnya sehingga mampu meningkatkan eksistensi dan volume penjualannya di pasar nasional maupun internasional.

References

Alchemy,2012. Mengembangkan Krativitas http://alchemy.co.id Diakses 20 Agustus 2021

Azizah Nurulia, 2014, Pengembangan Industri Kecil Konveksi (Jurnal). Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Farid.Rizky.Achmad,2020,Pengembangan Bisnis Industri Konveksi Dalam Upaya Mendukung Industri Halal Fashion Di Jawa Timur. Universitas Islam Surabaya

Diskopukm,2018. Kriteria UMKM Dalam https://koperasi.kulonprogokab.go.id Diakses 10 Agustus 2021

Gunckel J.E dan A.H Sparrow. 2001. Ionizing radiation: Biochemical, physiological and morphological aspects of their effects on plants. In: External factors affecting growth and development, Georg, M.Ed. Springer-Verlag Berlin

Haryjanto, L. 2012. Konservasi kepel (Stelechocarpus Burahol [Blume] Hook.F &Thomson): jenis yang telah langka. Mitra Hutan Tanaman 7(1):11-17

Hesthiati, E. 2017. Dasar-Dasar Teknologi Benih. Pusat Pemberdayaan Masyarakat Universitas Nasional. ISBN: 978-979- 16519-5-0.

Hidayat Candra, Penegertian Pengembangan Menurut para Ahli https://ranahresearch.com Diakses 20 Agustus 2021

Kamaluddin, 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Malang: DIOMA

Kasmir dan Jakfar. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana

Khumalasari, 2011. “Home Industri”, diakses pada tanggal 3 Februari 2015 dari https://arumdyankhumalasari.wordpress.com /2011/04/16/home-industri/

Kotler. Philip. 1996. Marketing. Edisi 7. Erlangga . Jakarta

Merdeka,2021. Definisi Inovasi Dalam https://www.merdeka.com Diakses 10 Agustus 2021

Nurcholis, Hanif. 2008. Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: PT Grasindo.

Rizeki.N.Dini, 2020, Pentingnya Kreativitas dan Inovasi Dalam Pasar Dalam https://majoo.id Diakses 15 Agustus 2021

Setiadji,B. 2008. “Daya Tahan Indurtri Kecil dan Menengah (IKKRT): Mitos atau Realita” , makalah symposium Dwi tahunan Journal Riset AME.STIE „YO”,6 April 2008, Yogyakarta.

Skripsi, Pengertian Kreativitas http://repository.radenfatah.ac.id Diakses 20 Agustus 2021

Swastha. Basu. Azas-Azas Marketing. Edisi 3. Liberty. Yogyakarta

Suga, Kiyokatsu, Sularso. 2008. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Edisi ke-10, Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Wiguna, Satrio Pandu. 2007. Pengaruh Kemasan Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Jajan Khas Kota Gresik. Skripsi. UIN Malang. Diakses pada 8 November 2015.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Safa’atillah, N., Sulaeman, M. M., Maulida, I. S., Priambodo, W., Santoso, M. H. B., & Wahyul, E. F. (2024). PENGEMBANGAN KELAYAKAN BISNIS UMKM“BUAH JUWET” SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA LOPANG LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12830–12838. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40298

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.