DIGITALIZATION OF DANGKE MELONA SMES: BOOSTING SALES THROUGH E-COMMERCE

Authors

  • Andi Asy’hary J. Arsyad Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Usman Tamrin Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Najirah Umar Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Asmaul Husna RS Universitas Handayani Makassar
  • Janisa Pascawati Lande Politeknik Medica Farma Husada Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40238

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, E-Commerce, Digital Literacy, Community Service

Abstract

UMKM Dangke Melona di Kabupaten Enrekang menghadapi tantangan signifikan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar mereka di tingkat nasional dan internasional. Dalam konteks globalisasi ekonomi yang semakin pesat, transformasi digital menjadi kunci keberhasilan usaha kecil dan menengah, terutama dalam menjangkau konsumen di luar batas-batas geografis. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dirancang untuk mendukung transformasi digital UMKM Dangke Melona melalui peningkatan literasi digital dan implementasi strategi pemasaran digital yang komprehensif. Metode pelaksanaan program meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dalam pengelolaan media sosial, pengembangan website, serta optimalisasi penggunaan e-commerce. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah pengikut di media sosial, peningkatan penjualan produk melalui platform e-commerce, serta terbentuknya kemitraan dengan distributor nasional dan internasional. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial UMKM Dangke Melona, tetapi juga membuka peluang bagi mereka untuk bersaing di pasar global.

References

Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1). https://doi.org/10.37535/104001120213

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Arsyad, A. A. J., Tamrin, U., Umar, N., RS, A. H., & Lande, J. P. (2024). DIGITALIZATION OF DANGKE MELONA SMES: BOOSTING SALES THROUGH E-COMMERCE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12569–12578. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40238

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.