TRANSFORMASI ADMINISTRASI PENDIDIKAN: SOLUSI DIGITAL UNTUK EFISIENSI PENGELOLAAN DATA DI KOBER BHAKTI SASAMA

Authors

  • Erna Hikmawati Universitas Telkom
  • Indra Azimi Universitas Telkom
  • Cahyana Cahyana Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40060

Keywords:

Administrasi Siswa, Sistem Informasi, Kober

Abstract

Pengelolaan administrasi siswa yang efisien dan akurat merupakan tantangan bagi Kober Bhakti Sasama, sebuah lembaga pendidikan anak usia dini di Tasikmalaya. Proses manual yang selama ini digunakan sering kali memicu kesalahan pencatatan, keterlambatan laporan, serta kesulitan dalam akses data. Untuk mengatasi permasalahan ini, program pengabdian masyarakat dirancang untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Informasi Administrasi Siswa berbasis digital. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan perangkat lunak, uji coba, pelatihan pengguna, dan implementasi sistem. Sistem ini menawarkan fitur pengelolaan data siswa, guru, kelas, serta pengisian nilai rapor yang dirancang untuk mempermudah proses administrasi dan mendukung kegiatan pembelajaran secara lebih terstruktur. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi administrasi, seperti pengurangan waktu kerja administratif dan peningkatan akurasi data. Pengelola Kober Bhakti Sasama dan orang tua siswa memberikan tanggapan positif, menyatakan kepuasan mereka terhadap sistem yang dikembangkan, serta berharap kegiatan serupa dapat dilakukan kembali di masa mendatang. Program ini menunjukkan pentingnya inovasi teknologi dalam mendukung digitalisasi administrasi di lembaga pendidikan anak usia dini dan membuka peluang untuk penerapan serupa di lembaga lainnya.

References

Darmawan, A. (2021). SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SISWA PADA SEKOLAH DASAR AL MASNUNIYAH.

Falla, G. G., Santi, R., & Fadilah, E. (2020). Sistem Informasi Administrasi Sekolah Dasar (Studi Kasus: SD Negeri 2 Lingkis). Journal of Software Engineering Ampera, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.51519/journalsea.v1i1.15

Fu, Q.-K., & Hwang, G.-J. (2018). Trends in mobile technology-supported collaborative learning: A systematic review of journal publications from 2007 to 2016. Computers & Education, 119, 129–143. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.01.004

Saikkonen, L., & Kaarakainen, M.-T. (2021). Multivariate analysis of teachers’ digital information skills—The importance of available resources. Computers & Education, 168, 104206. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104206

Smiley, A., Moussa, W., Ndamobissi, R., & Menkiti, A. (2021). The negative impact of violence on children’s education and well-being: Evidence from Northern Nigeria. International Journal of Educational Development, 81, 102327. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102327

Yuzistin, D., Aji, D. F., & Pamungkas, P. D. A. (n.d.). Sistem Informasi Administrasi Siswa Berbasis Website Pada SMA Islam Putradarma Bekasi.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Erna Hikmawati, Azimi, I., & Cahyana, C. (2024). TRANSFORMASI ADMINISTRASI PENDIDIKAN: SOLUSI DIGITAL UNTUK EFISIENSI PENGELOLAAN DATA DI KOBER BHAKTI SASAMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12512–12517. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40060

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.