PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK & SOSIAL PENGAJAR RELAWAN SAVE STREET CHILD MALANG (SSCM) MELALUI INQUIRY TRAINING DALAM PENANGANAN ANAK PUTUS SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39955Keywords:
Kompetensi Pedagogis & Sosial, Relawan, Save Street Child Malang (SSCM), Pelatihan Inkuiri, Anak Putus SekolahAbstract
Rendahnya kompetensi relawan SSCM dalam menangani anak putus sekolah merupakan masalah yang perlu ditangani. Masalah ini disebabkan oleh kurangnya pelatihan, pengalaman, dan pemahaman relawan tentang anak putus sekolah, serta terbatasnya dukungan dan akses ke jaringan profesional. Kurangnya dukungan dana dan sumber daya yang memadai untuk pelatihan, adanya hambatan dalam kolaborasi antara SSCM dengan lembaga dan organisasi terkait, serta minimnya pengakuan dari masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai peran penting relawan SSCM. Kurangnya informasi yang memadai mengenai kebutuhan anak putus sekolah di wilayah kerja SSCM menyulitkan perencanaan program. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru relawan SSCM dalam menangani anak putus sekolah. Meningkatkan kompetensi guru dan menyediakan materi pembelajaran yang diperlukan bagi guru relawan SSCM. Solusi yang ditawarkan antara lain melalui pelatihan dan pendidikan secara berkala, pendampingan dan pembimbingan oleh tenaga ahli, serta penyediaan berbagai sumber daya pendukung. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain one-group pretest-post test design untuk mengukur peningkatan kompetensi relawan SSCM di Kelurahan Blimbing, Malang, setelah pelatihan. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling, dan pelatihan terdiri dari empat sesi utama. Pendampingan dilakukan selama empat bulan dengan evaluasi melalui pre-test, post-test, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan, N-gain, dan ANOVA untuk menilai efektivitas program. Program pendampingan kompetensi guru sukarelawan SSCM berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, terutama dalam mengenali kebutuhan anak putus sekolah dan simulasi mengajar, meskipun peningkatan pada materi lain lebih kecil. Secara keseluruhan, program ini efektif dalam memperkuat kompetensi guru sukarelawan.References
Annur, Cindy Mutia. 2022. “Berapa Jumlah Anak Putus Sekolah Di Indonesia?” Databoks.
Cindy Mutia Annur. 2022. “Berapa Jumlah Anak Putus Sekolah Di Indonesia?” Databoks.
Fauth, Benjamin, Jasmin Decristan, Anna Theresia Decker, Gerhard Büttner, Ilonca Hardy, Eckhard Klieme, and Mareike Kunter. 2019. “The Effects of Teacher Competence on Student Outcomes in Elementary Science Education: The Mediating Role of Teaching Quality.” Teaching and Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882.
Firdaus, Meta Rizki Putri Agam. 2018. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA MALANG DALAM PENANGANAN ANAK PUTUS SEKOLAH ( Studi Tentang Anak Putus Sekolah Tingkat SMP/MTS Di Kota Malang ).” Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.
Forbes, Claire, and Kirstin Kerr. 2023. “Making Participation in Out-of-School-Time Provision an Asset for Young People in High-Poverty Neighbourhoods.” Educational Review 75 (6): 1084–1100. https://doi.org/10.1080/00131911.2021.1989380.
Herta, Aqilla Putri, and Nofha Rina. 2022. “POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA ASUH DAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI PANTI REHABILITASI SOSIAL ANAK NAKAL UPT. PSMP TENGKU YUK PEKANBARU.” Jurnal Darma Agung. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2368.
Indira, Pinkan Margaretha. 2017. “Kapasitas Pengasuhan Orangtua Dan Faktor-Faktor Pemungkinnya Pada Keluarga Miskin Perkotaan.” Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi. https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4433.
Jannah, Fathul, Oscar Karnalim, Aditya Permadi, Dina Fitria Murad, Bayu Rima Aditya, Andrisyah, and Irawan Nurhas. 2022. “Pelatihan Desain Kuis Hots Interaktif Dengan Aplikasi Kahoot! Dan Quizziz Di Masa Pandemi: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru.” JCES (Journal of Character Education Society).
Laila, Dinda Alifatul, and Salahudin Salahudin. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Melalui Pendidikan Nonformal: Sebuah Kajian Pustaka.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 9 (2): 100–112. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V9I2.44064.
Madani, Muhlis, and Risfaisal Risfaisal. 2017. “Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.500.
Mashabi, Sania. 2021. “KPAI: Angka Putus Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Cukup Tinggi.” KOMPAS.Com.
Muwahid, Ihsanurrijal, Tuslaela Tuslaela, Yoseph Adrianus Ino, Faqih Muhammad, and Farhan Rahmadhani. 2022. “Pelatihan Penggunaan Smartphone Secara Maksimal Dan Positif Kepada Komunitas Anak Putus Sekolah Di Pancoran Buntu 2.” Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v2i1.572.
Noviani, Leny, Atik Catur Budiarti, Tuhana Tuhana, and Martani Setyawati. 2023. “Strategi Penanganan Anak Tidak Sekolah Di Kabupaten Sragen.? Jurnal Litbang Sukowati?: Media Penelitian Dan Pengembangan 7 (1): 92–103. https://doi.org/10.32630/sukowati.v7i1.379.
R?dulescu, Roxana, Timothy Verstraeten, Yijie Zhang, Patrick Mannion, Diederik M. Roijers, and Ann Nowé. 2022. “Opponent Learning Awareness and Modelling in Multi-Objective Normal Form Games.? Neural Computing and Applications 34 (3): 1759?81. https://doi.org/10.1007/s00521-021-06184-3.
Rahmawati, Pramudina. 2020. ?Pengaruh Program Bos Terhadap Keputusan Anak Putus Sekolah.? Efficient: Indonesian Journal of Development Economics. https://doi.org/10.15294/efficient.v3i1.35970.
Selvia, Sri, and Yeniwati Yeniwati. 2020. ?Analisis Kausalitas Kemiskinan, Pekerja Anak Dan Angka Putus Sekolah Di Indonesia.? Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan. https://doi.org/10.24036/jkep.v2i3.12673.
Simmons Zuilkowski, Stephanie, Udi Samanhudi, and Ina Indriana. 2017. ?Compare: A Journal of Comparative and International Education Youth Explanations for School Dropout in Indonesia ?There Is No Free Education Nowadays?: Youth Explanations for School Dropout in Indonesia.? A Journal of Comparative and International Education.
So, Winnie Wing Mui, and Stephen Cheuk Fai Chow. 2019. ?Environmental Education in Primary Schools: A Case Study with Plastic Resources and Recycling.? Education 3-13 47 (6): 652?63. https://doi.org/10.1080/03004279.2018.1518336.
Statistik, Badan Pusat. 2020. ?Data Putus Sekolah Anak Di Indonesia.? In . Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian , Kuntitatif, Kualitatif, Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Alfabeta.
Sumani, Sumani, Yasintha Soelasih, and Christine Winstinindah-S. 2023. ?PELATIHAN PENGUKURAN DAMPAK SOSIAL MENGGUNAKAN METODE SOCIAL RETURN ON INVESTMENT.? MINDA BAHARU. https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.5182.
Surip, Agus, Muhamad Aji Pratama, Irfan Ali, Arif Rinaldi Dikananda, and Ade Irma Purnamasari. 2021. “Penerapan Machine Learning Menggunakan Algoritma C4.5 Berbasis PSO Dalam Menganalisa Data Siswa Putus Sekolah.” INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL?: Journal of Informatics. https://doi.org/10.51211/itbi.v5i2.1530.
Widyanuratikah, Inas. 2021. ?Ini Alasan Anak Putus Sekolah Menurut KPAI.? Republika.
Wulandari, Hesti, Nurmiaty Nurmiaty, Sitti Aisa, and Halijah Halijah. 2022. ?Pemberdayaan Remaja Dan Orangtua Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan Dan Dampak Perkawinan Usia Dini Di Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari.? Jurnal Inovasi, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.36990/jippm.v2i1.493.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Evania Yafie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










