IMPLEMENTASI STRATEGI CRM COMMUNICATION DALAM KOMUNITAS DEMI ANAK SEBAGAI KEUNGGULAN PROGRAM PARENTING HOME EDUCATION INDONESIA

Authors

  • Donna Dwiyanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Wilma Cordelia Izaak Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39952

Keywords:

CRM Communication, Komunitas Parenting, Gamifikasi, Strategi Komunikasi

Abstract

Komunitas Demi Anak merupakan salah satu komunitas parenting milik Home Education Indonesia yang berfokus pada dukungan untuk membantu dan dalam memfasilitasi serta mendukung peran orang tua untuk meningkatkan pendidikan dan perkembangan anak mereka secara optimal. Untuk mendukung keterlibatan anggota, komunitas ini telah menggunakan strategi komunikasi berbasis CRM (Customer Relationship Management) yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan, loyalitas, dan kepuasan melalui aktivitas terstruktur , seperti to-do list mingguan, kuliah Whatsapp gratis, berbagi materi pembelajaran atau edukasi, sesi curhat, tantangan kolaboratif antara orang tua dan anak, serta panggilan video bersama anggota. Tujuan dari penelitian untuk mengevaluasi strategi komunikasi yang telah diterapkan dan mengembangkan inovasi berupa game puzzle berbasis online melalui website JigsawExplorer sebagai strategi komunikasi tambahan yang lebih interaktif dalam Komunitas Demi Anak agar dapat teus mempertahankan loyalitas anggota. Game ini dirancang sebagai lomba, di mana pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa e-book gratis. Melalui metode kualitatif deskriptif dengan observasi, dan eksperimen game puzzle. Penelitian ini menemukan bahwa inovasi ini dapat meningkatkan partisipasi, motivasi, loyalitas, serta kepuasan anggota. Tambahan strategi berbasis digital ini menunjukkan potensi besar dalam memperkuat pengalaman komunitas parenting milik Home Education Indonesia.

References

Atmojo, A. M., Sakinah, R. L., & Wantini. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1965-1975.

Caroline Rachel Valentinna, E. M. (2024). Media Belajar Gamifikasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 1722-1732.

Fadhli, M. N. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DI MIS AZZAKY MEDAN. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 8-21.

Hidayat, E., Susilo, D., & Anggoro, T. (2023). Strategi Komunikasi Tentara dalam Upaya Membantu Pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Ciamis. JURNAL KOMUNIKASI PROFESIONAL, 121-133.

Kifti, W. M., & Swaradan, W. (2020). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-MARKETING DENGAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN (CRM). JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 57-63.

Noralia Purwa Yunita, P. E. (2022). GAMIFICATION: Membuat Belajar Seasyik Bermain Game. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Setiani, A., Aliyah, Nugrihentine, & Mariam, R. S. (2018). Implementasi Program Parenting Dalam Membangun Komunikasi Pengasuhan Anak Usia Dini. GUNAHUMAS .

Syahputro, S. B., Chairunnisya, T., Apriyanti, F., Akbar, J., & Marpaung, H. (2023). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 9JEMB), 147-151.

Zakaria, H., & Marlina, A. E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 66-72.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Dwiyanto, D. ., & Izaak, W. C. . (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI CRM COMMUNICATION DALAM KOMUNITAS DEMI ANAK SEBAGAI KEUNGGULAN PROGRAM PARENTING HOME EDUCATION INDONESIA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12461–12466. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39952

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.