PENGGUNAAN FABEL SEBAGAI BIBLIOTERAPI: MENANGKAL DAMPAK PSIKOLOGIS PASCA COVID-19 PADA ANAK-ANAK

Authors

  • Lucky Ade Sessiani Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Zulfa Fahmy Fahmy Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39669

Keywords:

Biblioterapi, Anak, Fabel, Pasca Covid-19

Abstract

Covid-19 telah menciptakan berbagai tantangan yang tak terduga bagi bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya dampak psikologis jangka panjang akibat kejadian traumatik selama pandemi. Anak-anak adalah kelompok yang menjadi pusat perhatian, karena terdampak akibat stress yang dialami baik oleh keluarga maupun individu orang dewasa di sekitarnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi dampak psikologis akibat Covid-19 melalui metode biblioterapi. Sesi biblioterapi dilakukan dalam 4 tahapan, dimulai dari tahap 1 yaitu pengenalan cerita fabel kepada anak-anak, tahap 2 yaitu penilaian terhadap cerita fabel, tahap 3 yaitu interaksi makna cerita dengan pengalaman anak-anak, dan tahap 4 yaitu menerapkan nilai cerita pada diri anak-anak. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terwujudnya pemahaman yang lebih baik serta meningkatnya tingkat kepercayaan anak-anak terhadap lingkungannya setelah bertahan dalam situasi krisis pandemi Covid-19. Anak-anak menunjukkan suasana hati yang lebih baik dan lebih percaya diri setelah menjalani sesi biblioterapi, hal ini menandakan adanya kesejahteraan psikologis yang meningkat. Kesimpulannya, biblioterapi merupakan strategi yang penting dilakukan dan dimasukkan ke dalam program pendidikan anak usia dini, sebagai upaya untuk meningkatkan literasi sekaligus untuk merawat kesehatan mental anak-anak.

References

Afandi, A. (n.d.). Metodologi Pengabdian Masyarakat. (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Betzalel, N., & Shechtman, Z. (2010). Bibliotherapy treatment for children with adjustment difficulties: A comparison of affective and cognitive bibliotherapy. Journal of Creativity in Mental Health, 5(4), 426–439.

Hartoko, D., & Rahmanto, B. (1986). Pemandu di dunia sastra. Kanisius.

Hendriyana, A. (2021). Pandemi Covid-19 Berikan Dampak Negatif pada Tumbuh Kembang Anak. https://www.unpad.ac.id/2021/02/prof-meita-dhamayanti-pandemi-covid-19-berikan-dampak-negatif-pada-tumbuh-kembang-anak/

id.wikipedia.org. (2021). Pandemi Covid-19 di Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. In Wikipedia (pp. 1–1). https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19_di_Indonesia

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional. (2022). Penetapan Status Faktual Pandemi COVID-19 di Indonesia. https://jdih.maritim.go.id/id/penetapan-status-faktual-pandemi-covid-19-di-indonesia

Khodabakhshi-koolaee, A., & Aghaei Malekabadi, M. (2020). Motherhood and Home Quarantine: Exploring the Experiences of Iranian Mothers in Caring for their Children During the COVID-19 Outbreak. Journal of Client-Centered Nursing Care, 6(2), 87–96. https://doi.org/10.32598/JCCNC.6.2.33.8

Lee, H., Kim, M., Kim, O., Kim, S., & Choi, S. (2021). Mothers’ experience of caring for home-quarantined children after close contact with COVID-19 in Korea: an exploratory qualitative study. Korean Journal of Women Health Nursing, 27(3), 220–229. https://doi.org/10.4069/kjwhn.2021.09.11

Lucas, C. V., & Soares, L. (2013). Bibliotherapy: A tool to promote children’s psychological well-being. Journal of Poetry Therapy, 26(3), 137–147.

Meutia, A. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA PSIKIS DAN INGATAN ANAK. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(1), 60–66.

Nakat, Z., & Bou-Mitri, C. (2021). COVID-19 and the food industry: Readiness assessment. Food Control. https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2020.107661

Ourworldindata.org. (2022). COVID-19 Data Explorer - Our World in Data. https://ourworldindata.org/explorers/coronavirus-data-explorer

TOPCUO?LU, C., TÜTÜN YÜM?N, E., SÜRMEL?, M., KARACA, E., & BA?OL GÖKSÜLÜK, M. (2023). Psychiatric Findings and Functional Capacity in the Early Period During the COVID-19 Pandemic: COVID-19 Patients and Individuals Under Quarantine. Adnan Menderes Üniversitesi Sa?l?k Bilimleri Fakültesi Dergisi, 7(3), 509–521. https://doi.org/10.46237/amusbfd.1183428

WHO. (2021). Coronavirus

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Sessiani, L. A. ., & Fahmy, Z. F. (2024). PENGGUNAAN FABEL SEBAGAI BIBLIOTERAPI: MENANGKAL DAMPAK PSIKOLOGIS PASCA COVID-19 PADA ANAK-ANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12246–12253. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39669

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.