PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH MASANGAN

Authors

  • Happy Kusuma Wardani Universitas Qomaruddin Gresik
  • Alimin Alimin Universitas Qomaruddin
  • Bariqotul Hidayah Universitas Qomaruddin
  • Maslakhatul Ainiyah Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.39309

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Materi Pembelajaran, Berbasis Digital

Abstract

Pelatihan pembuatan materi pembelajaran berbasis digital ini bertujuan untuk membekali guru Madrasah Ibtidaiyah dengan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Melalui serangkaian kegiatan yang menggabungkan teori dan praktik, peserta dilatih untuk menggunakan platform digital dalam mengembangkan materi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta dalam merancang materi digital yang interaktif dan inovatif. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil meningkatkan motivasi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran sehari-hari. Sebelum pelatihan, sebagian besar guru belum terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Namun, setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu membuat video pembelajaran yang berkualitas. Diharapkan pelatihan ini dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di MI Al-Hikmah Masangan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di era digital.

References

Alimin, A., Wardani, H. K., Hidayah, B., & Ainiyah, M. (2024). Workshop kreatifitas guru bidang studi Madrasah Ibtidaiyah menuju pembelajaran berbasis digital di MI Assa’adah Bungah Gresik. TRIMAS: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–6.

Husna, M. F., Novita, T. R., & Saragih, A. (2023). Sosialisasi Literasi Teknologi Digital untuk Menghindari Hoaks pada Media Sosial di Yayasan Pendidikan Hafnan Simbolon Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 112–121. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i1.2120

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.

Kholid, K. (2020). Pentingnya literasi digital bagi guru pada lembaga pendidikan tingkat dasar dan implikasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Horizon Pedagogia, 1(1).

Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55–68. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i1.3242

Lailia, S. A., Fatimah, S., Seftiana, A. F., Ayu, S., & Rista, V. N. (2023). MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0. SIGNIFICANT?: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(01), 82–89. https://doi.org/10.62668/significant.v2i01.644

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan di era digital. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Novia, L., Wardani, H. K., Alimin, A., & Nasim, S. M. (2024). Developing Web-Based Media for Teaching Writing Through Wordwall. Journal on Education, 06(03), 16344–16358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5329

Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1, 81–85.

Sari, D., Wardani, H., & Alimin. (2024). DEVELOPING INSTRUCTIONAL VIDEO IN TEACHING WRITING FOR THE TENTH GRADERS. JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature) English Departement of STKIP PGRI Jombang, 10(2), 131–149. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/jeell.v10i2.3496

Syagif, A. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. FASHLUNA, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.492

Wardani, H. K., Mazidah, E. N., Hidayah, B., Alimin, A., & Sa’adah, Z. (2024). Exploring the opportunities and barriers of ai-driven tools on efl students’ academic performance: perspectives of efl university students. 9(2), 221–237. https://doi.org/https://doi.org/10.52237/lej.v9i2.900

Wardani, H. K., & Zakiah, N. (2021). Investigating online speaking class for seventh graders of UPT SMPN 25 Gresik during Covid-19 pandemic. English Journal of Indragiri, 5(2), 281–293. https://doi.org/10.32520/eji.v5i2.1350

Widodo, W., & Pangarsa, A. A. T. (2024). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MELALUI MANAJEMEN STRATEGIK. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 60–69. https://doi.org/10.32478/9cnbqp21

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

Wardani, H. K., Alimin, A., Hidayah, B., & Ainiyah, M. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH MASANGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 918–924. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.39309

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.