PELATIHAN ANIMATED VIDEOS SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTsN 3 BATOLA

Authors

  • Sefto Pratama Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Erfan Karyadiputra Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Fauzi Yusa Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Indu Indah Purnomo Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3896

Keywords:

Animasi, Guru, Video

Abstract

Sebagai seorang pengajar professional yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Guru diharapkan terus mengembangkan kompetensinya baik dalam hal kemampuan penyampaian materi secara verbal maupun keterampilan dirinya terutama dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif di Sekolah. Adapun pelaksanaan kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat) ini bertujuan untuk membantu para Guru di MTsN 3 Barito Kuala dalam membuat video pembelajaran berbasis multimedia seperti pembuatan video animasi menggunakan Canva. Adapun metode yang digunakan antara lain yaitu metode presentasi, metode pelatihan sekaligus pendampingan serta metode praktek mandiri. Adanya kegiatan PKM ini dapat membantu guru MTsN 3 Barito Kuala  dalam membuat video pembelajaran yang interaktif sesuai perkembangan teknologi dan berhasil meningkatkan level keberdayaan peserta dengan rata-rata peningkatan sebesar 50%.

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Andriyani, S., & Christy, T. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada SMK Negeri 1 Air Joman – Kisaran. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 15–18. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.104

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang Guru dan Dosen Nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.

Fauzi Yusa Rahman, Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214

Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176

Narastri Insan Utami, Mulianti Widanarti, K. A. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, March 2020, 1411–1417.

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.

Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700

Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171

Subawa, I. G. B., Agustini, K., & Mertayasa, I. N. E. (2021). Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Guru- Guru Smp Negeri 4 Singaraja. 381–387.

Supriyadi. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Jurnal Komunikasi, 11(1), 9–16.

Waode Eti Hardiyanti1, Muhammad Ilham, Waode Ekadayanti, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar Powtoon Bagi Guru PAUD. Indonesia Jl. Kapt. Piere Tendean, 3(2), 93563.

Downloads

Published

2022-05-28

How to Cite

Pratama, S. ., Karyadiputra, E., Rahman , F. Y. ., & Purnomo, I. I. . (2022). PELATIHAN ANIMATED VIDEOS SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MTsN 3 BATOLA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 492–496. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3896

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.