KOMPETENSI GURU SEBAGAI KUNCI KEBIJAKAN PENDIDIKAN YANG MENDORONG KEMANDIRIAN

Authors

  • Jam’an Amadi Universitas IBBI
  • Ira Zulfa Universitas Gajah Putih
  • Eliyin Eliyin Universitas Gajah Putih
  • Muhammad Razali Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Sipur Sipur Universitas IBBI
  • Fajrillah Fajrillah Universitas IBBI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38734

Keywords:

Kompetensi Guru, Kebijakan Pendidikan, Kemandirian Siswa, Inovasi Pembelajaran, Pengembangan Profesional

Abstract

Kompetensi guru memiliki peran kritis dalam mendorong kemandirian siswa melalui implementasi kebijakan pendidikan yang efektif. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengidentifikasi dan meningkatkan kompetensi guru melalui pendekatan komprehensif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang mendorong kemandirian siswa. Metode yang digunakan mencakup penyuluhan, difusi ipteks, pelatihan, mediasi, dan advokasi dengan melibatkan 45 guru dari Yayasan Perguruan IRA, SD IRA dan SMP IRA selama tiga bulan. Kegiatan dilaksanakan melalui serangkaian workshop, pendampingan, dan praktik langsung pengembangan rencana pembelajaran inovatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kompetensi guru, dengan rata-rata peningkatan kemampuan pedagogis sebesar 23,4%, profesional 23,8%, dan pemahaman kebijakan pendidikan mencapai 31,6%. Sebanyak 78% guru berhasil merancang strategi pembelajaran berbasis problem-solving dan inquiry learning. Penelitian ini berkontribusi dalam mentransformasi praktik mengajar dan mendorong implementasi kebijakan pendidikan yang berfokus pada pemberdayaan potensi siswa melalui pengembangan kemandirian.

References

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.

Darling-Hammond, L., & Hyler, M. E. (2019). Effective professional development for teachers: A systematic review of the literature. Stanford Center for Opportunity Policy in Education.

Hidayat, R., Sukmanasa, E., & Wibowo, A. (2020). Implementasi teknologi digital dalam praktik mengajar guru pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(2), 78-92.

Hidayat, R., & Wibowo, A. (2021). Strategi pengembangan kemandirian siswa melalui inovasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 16(3), 112-125.

Mulyasa, E. (2019). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Remaja Rosdakarya.

Stronge, J. H., Ward, T. J., & Grant, L. W. (2021). What makes a teacher effective? A review of international research. Educational Leadership Review, 22(1), 45-63.

Guskey, T. R. (2020). Professional learning: Evaluating its impact on teacher practice. Educational Leadership, 77(5), 20-25.

Guskey, T. R. (2021). Professional learning: Feedback for better schools. Educational Leadership, 78(5), 22-27.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kebijakan pendidikan nasional: Strategi pengembangan kompetensi guru. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan.

Mizell, H. (2018). Why professional development matters. Learning Forward.

Timperley, H., Wilson, A., Barrar, H., & Fung, I. (2020). Teacher professional learning and development: Best evidence synthesis iteration. Ministry of Education.

Timperley, H. (2018). Teacher professional learning and development. International Guide to Student Achievement, 285-296.

Timperley, H., & Parr, J. (2021). Tracking the impact of professional development on teacher learning and student achievement. Cambridge Journal of Education, 51(4), 455-471.

Kraft, M. A., & Blazar, D. (2018). Validating teacher evaluations: Evidence from field experiments. Educational Evaluation and Policy Analysis, 40(3), 375-404.

Wei, R. C., Darling-Hammond, L., & Adamson, F. (2020). Professional development models and impacts on teacher effectiveness. Review of Educational Research, 90(2), 237-269.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Amadi, J., Zulfa, I., Eliyin, E., Razali, M., Sipur, S., & Fajrillah, F. (2024). KOMPETENSI GURU SEBAGAI KUNCI KEBIJAKAN PENDIDIKAN YANG MENDORONG KEMANDIRIAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12891–12895. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38734

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.