PEMBINAAN KARAKTER GENERASI MUDA MELALUI MODERASI BERAGAMA DI SMTK BENFOMENI KAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38708Keywords:
Pembinaan Generasi Muda, Moderasi Beragama, Karakter BangsaAbstract
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengaplikasikan pembiasaan generasi muda dalam moderasi beragama dengan sub tema memperkuat karakater bangsa dan menangkal radikalisme di Sekolah Menengah Teologi Kristen Benfomeni Kapan. Ada dua metode yang dipakai dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini yakni: pertama, Seminar dan lokakarya dengan materi moderasi beragama, karakter bangsa, dan radikalisme. Kedua, kampanye media sosial dapat menggunakan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, untuk menyebarkan informasi dan terlibat dengan audiens. Maka hasil yang diperoleh dalam melakukan pengabdian tersebut yakni: 1). analisis situasi: Sekolah Menengah Teologi Kristen Benfomeni Kapan merupakan salah satu Sekolah yang berada di desa O’Besi yang memiliki keragaman agama dan budaya. Kondisi ini berpotensi menimbulkan gesekan sosial jika tidak dikelola dengan baik. Beberapa tantangan yang dihadapi: a). Minimnya pemahaman tentang moderasi beragama; b). Pengaruh media sosial yang membawa paham radikal; dan c). Kurangnya ruang dialog antar pemuda berbeda agama; 2). Strategi Pembinaan meliputi: a). penguatan aspek kognitif; b). pengembangan aspek afektif, c). pemberdayaan aspek psikomotorik. 3). Dampak dan keberlanjutan. Sedangkan dari pengabdian kepada masyarakat ini dapat di simpulkan bahwa: Meningkatkan pemahaman pemuda tentang moderasi beragama; Memperkuat karakter kebangsaan; Membangun sistem pencegahan radikalisme berbasis komunitas; Menciptakan jaringan pemuda lintas agama; dan Menghasilkan role model pemuda moderat.References
Manap, A. (2022). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan Retrieved from https://jurnal.dharmasentana.ac.id/ widyagenitri/article/view/503
Mutawakkil, M. H. (2021). Nilai-nilai pendidikan moderasi beragama untuk mewujudkan toleransi umat beragama dalam perspektif Emha Ainun Nadjib. etheses.uin-malang.ac.id. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25473
Ndruru, B., Bilo, D. T., & Hia, Y. (2023). Teologi Praktis Dalam Gereja Untuk Mewujudkan Moderasi Agama Berdasarkan Matius 5: 13-16. Jurnal Christian Humaniora. Retrieved from http://www.e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2366
Peter, R. (2020). Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Wawasan Kebangsaan Menghadapi Isu Intoleransi Dan Radikalisme. VOX DEI: Jurnal Teologi Dan Pastoral. download.garuda.kemdikbud.go.id.
Putri, R. D., & Ramadhani, E. (2018). Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) dalam Membentuk Karakter Penerus Bangsa. Jurnal Dosen Retrieved from https://matematika.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1490
Salim, A., Hermawan, W., Bukido, R., Umar, M., Ali, N., (2023). Moderasi Beragama: Implementasi dalam Pendidikan, Agama dan Budaya Lokal. philpapers.org. Retrieved from https://philpapers.org/rec/ISMMBI
Susanta, Y. K. (2023). Penguatan Moderasi Beragama: Dalam Perspektif Pendidikan, Budaya, dan Tradisi Agama-agama di Indonesia. books.google.com.
Yanti, H. (2021). Impementasi Pendidikan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah. Al-Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Retrieved from http://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/alkahfi/ article/view/288
Zidniyati, Z. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy. ac.id /index.php/tarbiyatuna/article/view/199
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Misael Boineno, Maglon Ferdinand Banamtuan, Catur Purnomo, Hermin Hermin, Adriana I. S. Sole, Yulius Musa Notonis, Cristian Rissi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










