PRODUCT BRANDING: STRATEGI MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN NILAI PRODUK USAHA JAMU BU NENAH

Authors

  • Tini Kartini Universitas Djuanda
  • Titiek Tjahja Andari Universitas Djuanda
  • Sri Harini Universitas Djuanda
  • Dian Tri Nurhalisza Universitas Djuanda
  • Siti Maria Safitri Universitas Djuanda
  • Muhammad Ilhan Rivaldi Universitas Djuanda
  • Eva Julia Santika Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38675

Keywords:

Citra Merek, Identitas Merek, Kesadaran Merek, Nilai Produk, Promosi

Abstract

Branding merupakan salah satu aspek krusial dalam dunia bisnis untuk menciptakan dan mengelola citra suatu produk di benak konsumen. Namun, tingkat kesadaran akan penting branding di kalangan usaha masih rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk membahas dan mengimplementasikan strategi branding produk dalam upaya meningkatkan brand awareness dan nilai produk pada usaha jamu Bu Nenah yang berlokasi di Desa Benda, Kabupaten Sukabumi. Meski bisnis ini sudah berjalan bertahun-tahun dan memiliki pelanggan setia, namun potensi peningkatan jangkauan pasar masih sangat besar. Metode pelaksanaan yang diterapkan melalui observasi dan wawancara serta pemberian pelatihan untuk menganalisis langkah-langkah branding yang dilakukan pemilik dalam mempromosikan produk jamu tradisionalnya. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa strategi branding yang tepat seperti menciptakan identitas merek yang kuat, kemasan yang menarik, dan pembuatan banner bisnis dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk dan memperkuat citra. Kegiatan ini memberikan wawasan bagi pengusaha kecil di sektor produk tradisional untuk menerapkan strategi branding sebagai alat penting dalam mengembangkan usahanya.

References

Kartajaya, H. (2020). Marketing in the new economy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management (16th ed.). London: Pearson Education.

Santoso, B. (2023) Manajemen merek: Teori dan praktik. (ed. pertama). Depok: Penerbit Universitas Indonesia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Strategic brand management (ed. 5). Yogyakarta: ANDI.

Widodo, E. (2022) Manajemen kemasan: Aspek kualitas dan keamanan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Kartini, T. ., Andari, T. T. ., Harini, S. ., Nurhalisza, D. T. ., Safitri, S. M. ., Rivaldi, M. I. ., & Santika, E. J. . (2024). PRODUCT BRANDING: STRATEGI MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN NILAI PRODUK USAHA JAMU BU NENAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11839–11846. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38675

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.