PRODUCT BRANDING: STRATEGI MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN NILAI PRODUK USAHA JAMU BU NENAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38675Keywords:
Citra Merek, Identitas Merek, Kesadaran Merek, Nilai Produk, PromosiAbstract
Branding merupakan salah satu aspek krusial dalam dunia bisnis untuk menciptakan dan mengelola citra suatu produk di benak konsumen. Namun, tingkat kesadaran akan penting branding di kalangan usaha masih rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk membahas dan mengimplementasikan strategi branding produk dalam upaya meningkatkan brand awareness dan nilai produk pada usaha jamu Bu Nenah yang berlokasi di Desa Benda, Kabupaten Sukabumi. Meski bisnis ini sudah berjalan bertahun-tahun dan memiliki pelanggan setia, namun potensi peningkatan jangkauan pasar masih sangat besar. Metode pelaksanaan yang diterapkan melalui observasi dan wawancara serta pemberian pelatihan untuk menganalisis langkah-langkah branding yang dilakukan pemilik dalam mempromosikan produk jamu tradisionalnya. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa strategi branding yang tepat seperti menciptakan identitas merek yang kuat, kemasan yang menarik, dan pembuatan banner bisnis dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk dan memperkuat citra. Kegiatan ini memberikan wawasan bagi pengusaha kecil di sektor produk tradisional untuk menerapkan strategi branding sebagai alat penting dalam mengembangkan usahanya.References
Kartajaya, H. (2020). Marketing in the new economy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management (16th ed.). London: Pearson Education.
Santoso, B. (2023) Manajemen merek: Teori dan praktik. (ed. pertama). Depok: Penerbit Universitas Indonesia.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Strategic brand management (ed. 5). Yogyakarta: ANDI.
Widodo, E. (2022) Manajemen kemasan: Aspek kualitas dan keamanan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tini Kartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.