PELATIHAN PEMBUATAN ECO-ENZYME SEBAGAI INTEGRASI PEMBELAJARAN SAINS DALAM KEGIATAN P5 UNTUK GURU-GURU SAINS DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Authors

  • Maria Erna Universitas Riau
  • Lenny Anwar Universitas Riau
  • Susilawati Susilawati Universitas Riau
  • Asmadi M. Noer Universitas Riau
  • Abdullah Abdullah Universitas Riau
  • Putri Adita Wulandari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.38613

Keywords:

Eco-enzyme, P5 Training, Chemistry Education

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan dan potensi siswa. Salah satu implementasinya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dengan lingkungan sekitar. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep zero waste sekaligus memberikan keterampilan praktis kepada guru untuk mendekatkan siswa pada isu lingkungan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui penyampaian materi, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan. Hasil evaluasi dari 16 peserta menunjukkan respons positif terhadap pelatihan, dengan 100% peserta mengakui manfaat, kemudahan, dan relevansi materi pelatihan. Faktor utama keberhasilan adalah antusiasme peserta dan kerja sama yang solid antara tim pengabdi dan pihak sekolah. Pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pendidikan berbasis lingkungan dan pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka.

References

Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(02), 91–108.

Candra, A., Taufik, A., Estiningsih, Bahranizha, I. N., & Choirunisa, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Dalam Rangka Meningkatkan Produktifitas Masyarakat Di Desa Cihujan Kabupaten Lebak. Pro Bono, 1(1). https://doi.org/10.1177/0040571X14559901

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id/

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Poompanvong, R. (2020). Modul Belajar Pembuatan Eco-Enzyme. Eco Enzyme Nusantara, 1–62.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613– 3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.

Subandrio, W., & Kartiko, D. C. (2021). Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 177–182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- jasmani/article/view/42154

Supriyani, Astuti, A. P., & Maharani, E. T. W. (2020). Pengaruh Variasi Gula Terhadap Produksi Ekoenzim Menggunakan Limbah Buah Dan Sayur. Seminar Nasional Edusainstek, 470–479.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Erna, M., Anwar, L., Susilawati, S., Noer, A. M., Abdullah, A., & Wulandari, P. A. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN ECO-ENZYME SEBAGAI INTEGRASI PEMBELAJARAN SAINS DALAM KEGIATAN P5 UNTUK GURU-GURU SAINS DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2393–2396. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.38613